alexametrics

Emas Antam Turun Rp 20.000 per Gram dalam 2 Hari, ini Biang Keroknya

18 Juni 2021, 18:26:26 WIB

JawaPos.com – Harga emas batangan PT Antam (Persero) hari ini kembali turun sebesar Rp 8.000 per gram setelah pada perdagangan sebelumnya anjlok Rp 12.000 per gram. Sehingga hari ini emas Antam parkir di harga jual Rp 920.000 per gram. Artinya, dalam dua hari terkahir logam mulia kuning tersebut sudah anjlok Rp 20.000 per gram.

Analis keuangan Ariston Tjendra mengatakan, harga emas di pasar spot kembali turun cukup dalam pada perdagangan kemarin, turun sekitar USD 38 atau 2,1 persen dan tutup di kisaran USD 1.773 per troy ons.

Menurutnya, isu kebijakan bank sentral the Fed yang bakal mempercepat kenaikan tingkat suku bunga acuannya masih menjadi penekan harga emas. Sehingga, para investor mengalihkan dananya ke aset berisiko.

“Dolar AS menguat karena isu tersebut sehingga harga komoditi yang dinilai dalam dolar AS tertekan turun,” ujarnya saat dihubungi oleh JawaPos.com, Jumat (18/6).

Ariston melanjutkan lebih jauh, pengaruh isu tersebut juga masih akan menekan harga emas hari ini. Harga emas masih berpotensi turun ke kisaran USD 1.755 per troy ons.

“Di sisi lain, biasanya penurunan dalam harga emas membuka peluang rebound teknikal. Peluang rebound terbuka ke arah resisten USD 1.800,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads