JawaPos Radar

Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Beli iPhone Terbaru, Bisa Mikir Dua Kali

20/09/2018, 08:10 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max
iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max (TheVerge)
Share this image

JawaPos.com – Apple belum lama ini merilis trio iPhone teranyarnya. Ketiganya yakni iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR. Soal kehadiran iPhone terbaru itu, tampaknya banyak pihak mengekspektasikan hal-hal yang ‘wah’ dalam perangkat smartphone terbaru besutan Apple.

Macam-macam impiannya. Mulai dari teknologi baru, desain kaya terobosan, fitur-fitur yang belum ada, hingga bayangan harga. Namun sayang, peluncuran iPhone terbaru milik perusahaan rintisan Steve Jobs itu menuai tanggapan kurang menyenangkan dari banyak pencinta teknologi.

Peluncuran iPhone terbaru dianggap tidak sesuai ekspektasi dan bayangan di masyarakat sebelumnya. iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR nyatanya menjadi perangkat yang disebut-sebut minim upgrade.

Sebagaimana JawaPos.com kutip dari laman KnowYourMobile, Rabu (19/9), ada beberapa alasan sebelum membeli iPhone terbaru harus disertai dengan pemikiran yang panjang, walaupun belum masuk ke Indonesia.

1. Minim Upgrade

Hal yang paling utama dan paling menjadi perhatian adalah perbandingan iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR yang tidak terlalu siginifikan ketimbang iPhone X. Untuk urusan dapur pacu misalnya. Pada iPhone terbaru, Apple memang membawa chip baru, yakni A12 Bionic, Next Generation Neural Engine ketimbang iPhone X yang hadir dengan chip A11. Hadirnya chip tersebut, dikatakan Apple, menjadikan iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR memiliki performa 15 persen lebih cepat dan 40 persen lebih hemat daya.

Meski begitu, lainnya seperti layar, fitur, kamera (iPhone XS dan iPhone XS Max) kesemuanya masih mirip dengan iPhone X. Hanya pada iPhone terbaru diberikan fitur kontrol aperture (Depth Control) dan hadirnya Smart HDR saja.

Smart HDR disebut mampu menghadirkan lebih banyak sorotan dan detail bayangan ke foto pengguna. iPhone XS juga dilengkapi fungsi kontrol kedalaman baru yang memungkinkan user untuk mengubah fokus latar belakang gambar setelah gambar diambil. Meski beberapa hal banyak yang ‘sama’, namun hadirnya fitur tersebut menjadi sesuatu yang keren dan tidak ditawarkan iPhone X.

Untuk lainnya seperti penyimpanan, iPhone X kala itu hadir dengan dua pilihan penyimpanan saja, yakni 64 GB dan 256 GB. Sementara pada iPhone XS dan iPhone XS Max hadir dengan memori internal 64 GB, 256 GB, dan 512 GB. Sedangkan iPhone XR yang menurut banyak pihak menjadi penerus iPhone SE terbaru hadir dengan pilihan penyimpanan 64 GB, 128 GB, dan 256 GB.

2. Desain Tidak Berubah

Selain minim upgrade di berbagai lini di luar chip, baterai, dan penyimpanan, hal lain yang membuat calon konsumen ataupun Apple Fanboy harus berpikir ulang adalah desain iPhone terbaru yang tidak banyak berubah. Terlihat jelas pada iPhone XS dan iPhone XS Max yang desainnya lagi-lagi masih sama dengan iPhone X yang dijual ke pasaran tahun lalu.

Desainnya tidak banyak berubah mulai dari penempatan kamera, layar, dan desain bodi keseluruhan yang terlihat tidak ada perubahan. Hanya pada varian iPhone XS Max saja lebih bongsor karena ukuran layarnya yang membengkak.

Selain iPhone XS dan iPhone XS Max yang masih mirip dengan iPhone X, varian lain yakni iPhone XR juga demikian. Pada bagian layar misalnya, terlihat hanya melakukan ‘copy-paste’ saja dari iPhone X yang kemudian materialnya diganti dari OLED ke LCD. Sementara pada bagian belakangnya pun demikian. Apple seperti sudah kehabisan inovasi untuk iPhone terbarunya di sektor desain. Penempatan satu buah kamera yang terlihat biasa saja.

Kendati begitu, pada iPhone XS dan iPhone XS Max, Apple telah meningkatkan fungsi ketahanan air. Ya, sekarang iPhone XS dan iPhone XS Max telah disertifikasi dengan sertifikat IP68. Itu berarti perangkat tersebut dapat menahan penyerapan air hingga dua meter selama 30 menit. Hal tersebut berbeda dengan iPhone X yang hanya bersertifikat IP67 dengan perlindungan perendaman terbatas pada satu meter.

3. Kemahalan?

Alasan selanjutnya untuk berpikir berkali-kali sebelum memutuskan membeli iPhone terbaru adalah harganya yang kemahalan. Pada peluncurannya, iPhone terbaru dilepas dengan harga mulai dari USD 999 atau setara Rp 14,9 jutaan untuk iPhone XS. Harga selanjutnya adalah mulai dari USD 1.099 atau setara dengan Rp 16,4 jutaan untuk iPhone XS Max, dan USD 799 atau setara dengan Rp 11,1 jutaan untuk iPhone XR. Harga-harga yang kami jelaskan di atas adalah varian harga termurah untuk varian penyimpanan terkecil.

Mengapa disebut kemahalan? Untuk harga-harga yang kami sebutkan di atas baru mendapatkan varian termurah dengan penyimpanan paling kecil. Jika membeli smartphone Android sudah dapat kelas wahid, seperti Samsung Galaxy Note 9, Galaxy S9, atau Galaxy S9 Plus misalnya, atau varian smartphone Android lainnya. Kecuali kamu memang lebih butuh gengsi daripada fungsi.

4. iPhone X Masih Layak

Alasan terakhir yang wajib kamu jadikan pegangan setelah pengumuman iPhone terbaru adalah kamu jadi tahu bahwa iPhone X masih layak dibeli, dipakai, dan dijadikan teman tentengan bergaya di mal atau nongkrong. Sebab, seperti yang sudah kami jelaskan tadi, peluncuran iPhone XS dan iPhone XS Max yang menjadi penerus iPhone X tidak banyak membawa perubahan selain harganya yang lebih mahal.

Memang sejauh ini belum ada kepastian soal harga resmi trio iPhone tersebut untuk pasar tanah air. Begitu juga dengan kepastian kapan Apple akan membawa produknya ke Indonesia. Namun jika berkaca yang sudah-sudah, harga produk Apple untuk iPhone tidak berbeda terlalu jauh ketimbang di acara peluncurannya di pasar global, meskipun tetap lebih murah.

Demikian alasan-alasan yang wajib kamu pertimbangkan sebelum memutuskan membeli iPhone terbaru. Alasan tersebut merujuk pada perbandingan spesifikasi yang ada dari iPhone X yang meluncur tahun lalu. Paling tidak, sesuaikan kebutuhan gadget dengan budget yang kamu punya agar mendapatkan perangkat yang pas bagi kamu.

(ce1/ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up