JawaPos Radar | Iklan Jitu

Mimpi Samsung Punya Smartphone Layar Penuh, Bukan Lagi Berlubang

15 Maret 2019, 17:09:39 WIB
Samsung, Samsung Smartphone Layar Penuh, Samsung Layar Penuh
Ilustrasi: Samsung dalam sebuah pameran. (AFP)
Share this

JawaPos.com - Mimpi Samsung untuk merilis smartphone dengan tampilan layar penuh rupanya belum benar-benar terwujud. Saat ini vendor asal Korea Selatan (Korsel) itu baru memiliki beberapa produk dengan desain layar berlubang atau yang disebut Infinity-O. Inovasi tersebut rupanya belum membuat Samsung puas.

Sebagaimana JawaPos.com kutip dari AndroidAuthority, Jumat (15/3), Samsung berbicara kepada situs berita Korsel, Yonhap, bahwa raksasa teknologi itu telah menegaskan kembali rencananya untuk memproduksi smartphone dengan layar yang benar-benar 'penuh'. Bukan lagi seperti Infinity-O.

Vice President of Mobile Communication R&D Group Display Samsung Yang Byung-duk mengatakan, smartphone bezel-less dengan bagian depannya terisi sepenuhnya oleh layar telah menjadi fokus bagi banyak OEM Android dalam beberapa tahun terakhir. Hal tersebut memungkinkan smartphone memiliki tampilan lebih besar pada bodi yang lebih kecil.

Samsung, Samsung Smartphone Layar Penuh, Samsung Layar Penuh
Samsung Galaxy S10e, Galaxy S10, dan Galaxy S10 Plus yang menggunakan layar berlubang (Infinity-O). (screenshot)

Namun, hal itu diakui bukan hal yang mudah. Pasalnya, penempatan kamera dan pengeras suara yang menghadap ke depan menjadi titik yang sulit bagi OEM Android. Beberapa produsen telah berupaya keras untuk menjawab tantangan tersebut. Salah satunya memproduksi bodi kamera dengan modul kamera pop-up. Hal ini untuk mengoptimalkan ruang di bagian depan ponsel mereka.

Samsung sendiri berencana menempatkan semua sensor depan di bawah layar smartphone. Hal ini berarti Samsung kemungkinan tidak akan menghadirkan smartphone dengan kamera pop-up ataupun mengubah mekanisme smartphone menjadi bergaya slider. Kamera depan maupun speaker akan berada di bawah layar seluruhnya.

Samsung juga menyebut tengah memproduksi layar 'crystal sound OLED' yang akan bertugas sebagai fungsi speaker. LG G8 ThinQ menggunakan teknologi serupa.

“Meskipun tidak akan mungkin membuat (smartphone layar penuh) dalam 1-2 tahun ke depan, namun tren teknologi akan mengarah ke sana. Lubang kamera tidak akan terlihat lagi, juga tidak memengaruhi fungsi kamera dengan cara apa pun," kata Yang Byung-duk kepada Yonhap.

Editor           : Fadhil Al Birra
Reporter      : Rian Alfianto

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini