JawaPos Radar

Oppo, Vivo, dan OnePlus dari Satu Induk BBK Electronics

22/07/2018, 17:05 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
BBK Electronics, Duan Yongping, dinasti smartphone tiongkok
Pendiri BBK Electronics, Duan Yongping. (TechMeme)
Share this image

JawaPos.com - Oppo, Vivo, dan OnePlus rupanya berasal dari satu induk yang sama alias sedarah. Pabrikan teknologi tersebut bernama BBK Electronics.

Sebagaimana JawaPos.com lansir dari laman AndroidAuthority baru-baru ini, BBK merupakan perusahaan multinasional Tiongkok yang memiliki sejumlah merek populer di berbagai pasar elektronik konsumen. Termasuk headphone, pemutar Blu-ray, dan telepon pintar yakni Oppo, Vivo, dan OnePlus.

BBK Electronics telah beroperasi di berbagai bagian industri elektronik di Tiongkok sejak sekitar 1990-an. Perusahaan ini dipelopori oleh miliarder bernama Duan Yongping.

Awalnya, Duan memproduksi konsol game ‘Subor’, pesaing untuk Nintendo Entertainment System. Setelah berhasil menghasilkan lebih dari 1 miliar Yuan dari Subor, Duan lantas meninggalkan posisinya menjalankan pabrik Tiongkok itu pada 1995. Dia kemudian memulai perusahaan Bubugao yang akhirnya menjadi cikal bakal BBK Electronics saat ini.

BBK Electronics memulai dengan memproduksi berbagai pemutar CD, MP3, dan DVD, bersama dengan peralatan rumah tangga lainnya. Perangkat tersebut muncul di bawah berbagai merek global. Pada 2004 silam, Duan mendirikan Oppo dengan Tony Chen sebagai CEO-nya. Oppo dibangun di atas pengalaman Duan di pasar video dengan menjual DVD dan pemutar Blu-ray, sebelum pindah ke pasar smartphone.

Vivo muncul kemudian pada 2009 yang didirikan oleh Duan dan CEO Vivo Shen Wei. Smartphone Vivo pertama muncul pada 2011 dengan fokus pada faktor bentuk ultra-tipis. Ketika itu Vivo juga mengandalkan dukungan selebriti untuk memanfaatkan booming smartphone.

Sementara untuk OnePlus, merek BBK Electronics yang mungkin paling dikenal oleh pelanggan Barat, tidak dimulai oleh Duan. Perusahaan ini didirikan oleh mantan wakil presiden Oppo Pete Lau dan co-foundernya, Carl Pei pada 2013 lalu. Jadi OnePlus bisa dibilang merupakan anak perusahaan Oppo yang menginduk pada BBK.

OnePlus boleh dibilang merek yang paling premium dari ketiganya. Namun ia membutuhkan pendekatan yang berbeda terhadap model bisnis berbasis ritel Oppo dan Vivo. OnePlus terutama menargetkan penjualan online melalui platform seperti Amazon yang telah membantu BBK memasuki pasar Eropa dan AS.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up