alexametrics

Realme Watch S Pro, Makin Tangguh dan Serba Bisa

26 Januari 2021, 14:33:14 WIB

JawaPos.com – Merek teknologi Realme tampaknya semakin serius menggarap pasar tanah air. Usai sukses selama beberapa tahun konsisten menghadirkan perangkat smartphone dengan harga terjangkau, namun tetap canggih dan kompetitif, Realme kini serius menekuni segmen perangkat Internet of Things (IoT).

Di luar perangkat smartphone, merek yang masih bersaudara dengan Oppo dan Vivo itu mulai rajin menelurkan perangkat smartwatch atau arloji pintar terbaru selama beberapa waktu ke belakang ini. Yang terbaru, Realme menghadirkan smartwatch anyar Watch S Pro.

Realme Watch S Pro merupakan rangkaian terbaru dari Realme Watch S Series yang hadir dengan versi Pro-nya. Digadang-gadang sebagai “Smart watch Pro Style, Pro Sport terbaik di segmen harga Rp 1,6 juta-an”, berikut ini pengalaman selama menjajal Realme Watch S Pro.

Desain

Dari segi desain, perangkat smartwatch ini hadir dengan faktor bentuk masih sama seperti model Watch S reguler. Realme Watch S reguler juga sudah siap kami ulas. Perangkat tersebut hadir lebih terjangkau dari varian Pro-nya namun tetap tak kalah canggih dan menarik di segmennya yakni smartwatch dengan harga Rp 1 jutaan.

Bentuk dan desain pokok arloji pintar dengan jargon “The Stylish New Pro” ini hadir berbentuk bulat. Desain ini familar dan banyak dipakai para pembuat smartwatch kompetitor seperti Samsung, Huawei dan masih banyak lagi.

Realme Watch S Pro yang hadir diklaim sebagai perangkat penunjang asisten kesehatan terbaik di segmennya ini hadir dengan layar sentuh AMOLED yang besar dengan ukuran 1,39 inci dengan resolusi 454 x 454 pixel (326 PPI) yang secara visual mampu menampilkan banyak kebutuhan penggunanya dengan sangat jelas.

Terkait dengan desain dan fungsional perangkat arloji pintar ini, Watch S Pro hadir dengan fitur kecerahan otomatis yang sangat berguna dan juga fitur Always On Display (AOD). Dari sisi desain, Realme Watch S Pro kini makin tangguh dengan balutan casing bermaterial SUS316L stainless steel yang jelas lebih kokoh dari model biasa yang hanya bermaterial alumunium campuran.

Secara bentuk, perangkat ini hadir sangat mirip dengan model reguler. Hal tersebut ditunjukkan dengan hadirnya dua buah tombol fisik untuk kontrol perangkat. Kemudian, di area tepian atau bingkai jam juga diberikan aksen angka-angka yang memberikan kesan dinamis dan kaya fungsi.

Selain fitur AOD, Realme Watch S Pro juga sudah mendukung fitur kecerahan otomatis, berkat sensor cahaya sekitar, layar dapat menyesuaikan kecerahan antara lima level, dan kecerahan puncak dapat mencapai 450 nits pada level tertinggi, memberikan tampilan yang jelas di bawah sinar matahari. Dan nilai kontrasnya hingga 100,000: 1, memberikan efek visual yang lebih premium di setiap gambar seperti watch face yang beragam atau banyak output fitur yang digunakan konsumen.

Permukaan layar menggunakan 2.5D Corning Gorilla Glass 3 yang dipadukan dengan frame bulat. Untuk bagian lain, Realme Watch S Pro hadir dengan strap atau tali jam dari material sabuk karet. Untuk bagian ini, Realme menjanjikan bakal lebih banyak merilis aksesori strap pengganti yang bisa dipilih konsumen.

Desain dan layar dari Realme Watch S Pro menurut pengalaman kami, gawai ini mampu memberikan sentuhan yang mulus dan nyaman. Sentuhannya juga responsif dan ini memungkinkan pengguna mengontrol jam tangan dengan mudah kendati dipakai konsumen dengan “size besar” yang memiliki lingkar pergelangan tangan dan ukuran jari-jari yang besar.

Dalam paket penjualan, smartwatch ini hadir dengan aksesori lain berupa dock charger magnetik ditambah dengan buku panduan dan kartu garansi. Boks atau kotak penjualannya sendiri masih berbentuk persegi panjang dan berwarna kuning cerah persis seperti kotak penjualan smartphone Realme kebanyakan dan perangkat Realme Watch terdahulu.

Sementara bicara angka, jam tangan pintar ini secara dimensi hadir dengan ukuran 257,6 x 46 x 11,1 mm (dengan tali jam tangan) dan bobot 63,5 gram (dengan tali jam tangan). Angka-angka tersebut ditambah dengan material stainless steel menurut kami sudah ideal untuk ukuran sebuah smartwatch terlebih sebagai perangkat asisten kesehatan personal.

Perangkat Realme Watch S Pro (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Spesifikasi

Untuk mendukung performa harian dan jesehatan penggunanya ini hadir dengan sokongan baterai 420 mAh, dua kali lebih besar dari ukuran baterai perangkat smartwatch pertama mereka yakni Realme Watch yang juga pernah kami ulas yang hanya memiliki ukuran 160 mAh.

Dengan ukuran baterai segitu pada sebuah perangkat arloji pintar, berdasarkan pengujian kami, smartwatch ini mampu bertahan dalam masa pakai hingga 14 hari penggunaan dengan berbagai fitur di dalamnya aktif dan terkoneksi smartphone menggunakan aplikasi cerdas pendaming Realme Link.

Spesifikasi lainnya dari perangkat jam tangan pintar Realme ini adalah sensor accelerometer enam sumbu, dual processor, heart rate sensor, rotor vibration motor sampai ketahanan air hingga kedalaman 5 ATM (50 meter) dan GPS Dual-Satellite dengan tingkat presisi tinggi. Selain itu, untuk kebutuhan koneksi, jam pintar ini sudah dibekali dengan teknologi Bluetooth 5.0, Realme Link APP dan bisa berjalan pada sistem operasi (OS) Android 5 ke atas dan juga sudah bisa disandingkan dengan perangkat iPhone dengan OS 9 ke atas sementara model sebelumnya hanya bisa disandingkan oleh pengguna smartphone Android.

Penggunaan

Seperti model sebelumnya, penggunaan awalnya sangat mudah bagi pengguna smartwatch Realme pemula. Ada dua tombol fisik di area samping kanan pada perangkat ini. Cukup ditekan selama tiga detik pada tombol bagian atas untuk mengaktifkan Realme Watch S Pro ini.

Namun saat pertama kali digunakan, pastikan untuk mengisi daya jam tangan dengan cukup untuk memastikan dapat mengaktifkannya dan sudah mengunduh aplikasi Realme Link di smartphone yang akan dipasangkan dengan jam tangan ini. Kalau sudah, penggunaan bisa dilakukan dengan cukup banyak mengeksplor fitur-fitur jam ini.

Realme Watch S Pro yang menjadi perangkat andalan di segmennya hadir dengan sensor detak jantung optik PPG dengan presisi tinggi. Ini mendukung pemantauan detak jantung 24 jam tanpa gangguan dan mengukur detak jantung pengguna dengan sigap dan tepat. Menariknya lagi, pengguna juga akan diberi tahu jika detak jantung mereka terlalu tinggi atau terlalu rendah untuk melindungi kesehatan sepanjang hari.

Realme Watch S Pro membawa sensor PPG level atas dari Goodix. Pemantauan detak jantung dilakukan dengan memancarkan cahaya hijau dengan panjang gelombang tertentu ke kulit, kemudian mendeteksi cahaya yang dipantulkan. Sensor di Realme Watch S Pro bekerja dengan sangat baik dalam berbagai faktor utama seperti akurasi, kompatibilitas warna kulit, dan konsumsi daya berdasarkan pengalaman kami.

Realme Watch S Pro dapat mendeteksi detak jantung setiap 5 menit 24/7. Jika dalam kondisi khusus, detak jantung lebih rendah atau lebih tinggi dari ambang batas aman, Realme Watch S Pro akan mengirimkan alarm detak jantung untuk mengingatkan pengguna agar selalu memperhatikan kesehatan fisik mereka.

Realme Watch S Pro juga dapat mendeteksi tingkat oksigen dalam darah. Oksigen darah adalah salah satu indikator terpenting kesehatan fisik. Jika oksigen darah terlalu rendah, itu berarti sel tidak bisa mendapatkan cukup oksigen, yang akan menimbulkan berbagai gejala.

Selain itu, Realme Watch S juga mendukung hingga 15 jenis mode olahraga mencakup Outdoor Run, Indoor Run, Outdoor Walk, Indoor Walk, Outdoor Cycling, Spinning, Hiking, Swimming, Basketball, Yoga, Rowing, Elliptical, Cricket, Strength Training, Free workout.

Dari sekian banyak fitur yang tersaji, ada satu yang kami suka yakni Realme Watch S Pro dapat mengidentifikasi apakah pengguna berjalan atau berlari, dan algoritma penghitungan langkah yang akurat membuat setiap langkah berarti dan terhitung dengan akurasi tinggi.

Sementara untuk mode olahraga swimming atau berenang, Realme Watch S Pro mode baru ini dapat merekam data olahraga renang pengguna secara real-time, termasuk SWLF, Kcal, Length/Type, sehingga dapat membantu pengguna untuk berenang lebih baik lagi.

Kegunaan lainnya, Realme Watch S Pro di luar fungsi kesehatan dan teman berolahraga yakni dapat secara otomatis membuka kunci smartphone saat mendekat, yang nyaman dan cepat. Jam tangan pintar ini juga dapat mengontrol pemutar musik dari jarak jauh di smartphone pengguna dan mereka dapat dengan mudah menjeda atau memutar dan beralih musik saat Anda berlari.

Selain itu, Realme Watch S Pro juga mendukung kendali kamera jarak jauh, sehingga user dapat mengambil foto diri mereka bahkan ketika mereka sendirian. Fitur lain terkait konektivitas dan kegunaannya adalah penolakan panggilan. Ketika dipasangkan, smartphone yang mendapat panggilan telepon, maka nomor telepon akan ditampilkan di Realme Watch S Pro dengan tombol penolakan. Pengguna dapat menolak panggilan dengan satu klik.

Realme Watch S Pro juga dapat menerima hampir semua notifikasi aplikasi dan menampilkan beberapa ikon yang sesuai, mendukung tampilan panggilan, SMS, dan pesan aplikasi pihak ketiga. Perlu disebutkan juga bahwa Realme Watch S Pro telah disesuaikan dengan hampir semua aplikasi pihak ketiga untuk notifikasi pintar, termasuk aplikasi yang paling umum digunakan seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, dan aplikasi lainnya.

Kesimpulan

Arloji pintar Realme Watch S Pro ini cukup bisa diandalkan. Harga yang ditawarkan menggoda mengingat banyak fungsi, fitur dan desain smarwatch ini yang terkesan gagah namun tetap elegan.

Sementara sebagai salah satu pengguna yang tak terlalu sering berolahraga, jam tangan cerdas ini juga tetap bisa maksimal fungsinya karena ada fitur-fitur lainnya yang bisa dimanfaatkan pengguna pada umumnya. Untuk anak-anak dan pengguna perempuan, arloji pintar ini juga masih bisa digunakan.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini:





Close Ads