alexametrics

Redam Penularan Covid-19, Masyarakat Harus Disiplin Jalankan Prokes

1 Juli 2021, 10:24:53 WIB

JawaPos.com – Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat berpendapat bahwa langkah pencegahan dan penanggulangan Covid-19 harus dilakukan seimbang. Menurut Lestari, pemerintah harus memperhatian agar masyarakat menjalankan protokol kesehatan 5M secara serius seperti menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

“Pertambahan jumlah pasien Covid-19 di sejumlah fasilitas kesehatan sejauh ini diantisipasi dengan baik lewat berbagai upaya. Namun, yang tidak kalah penting bagi para pemangku kepentingan, harus secara konsisten meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam menjalankan kebijakan pencegahan seperti disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes),” ujar Lestari.

Tanpa kepatuhan masyarakat dalam disiplin protokol kesehatan dan sejumlah kebijakan pengendalian Covid-19, menurut Lestari, lambat laun sistem kesehatan nasional tidak mampu mengantisipasi pertambahan kasus positif Covid-19 yang demikian cepat.

Rerie, sapaan akrab Lestari, menambahkan lebih dari setengah masyarakat di mayoritas kabupaten dan kota di Indonesia belum mematuhi kebijakan untuk menjalankan protokol kesehatan. Padahal menurutnya upaya penanggulangan penyakit yang meluas seperti pandemi Covid-19 membutuhkan partisipasi aktif masyarakat secara luas. Demikian juga dalam pelaksanaan kebijakan penanggulangan Covid-19.

Anggota Majelis Tinggi Partai Nasdem itu menambahkan kepastian bahwa masyarakat mematuhi setiap kebijakan yang diterapkan menjadi faktor penting dalam pengendalian Covid-19. Progres kepatuhan masyarakat dalam menjalankan setiap kebijakan menurutnya seharusnya menjadi perhatian serius para pemangku kepentingan di setiap tingkatan wilayah.

“Keseriusan dalam mengupayakan kepatuhan masyarakat diharapkan mampu mencegah ledakan sikap abai masyarakat terhadap setiap kebijakan yang diterapkan pemerintah dalam pengendalian Covid-19 di tanah air,” katanya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : ARM, Gunawan Wibisono

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads