Pentingnya Hyaluronic Acid Untuk Cegah Penuaan Dini Mulai Usia 30-an

3 September 2020, 12:59:28 WIB

JawaPos.com – Kandungan Hyaluronic Acid atau HA memang banyak digunakan dalam produk kecantikan. Khususnya serum dan masker. Lalu, apa saja sih manfaat Hyaluronic Acid?

Menurut Pakar Dermatologi Dr. Litya Ayu, SpKK, FINSDV, pakar dermatologi Hyaluronic Acid merupakan senyawa alami yang terdapat di dalam tubuh, terutama di kulit. HA sendiri bertindak sebagai pelembap yang mengikat air dan meremajakan kulit dari dalam.

Namun, proses penuaan alami dan paparan terhadap lingkungan sekitar sangat memengaruhi kadar HA di dalam kulit. Sehingga jika ada penurunan kadar HA akan terlihat tanda-tanda penuaan. Seperti keriput, dehidrasi pada kulit, dan menurunnya elastisitas.

“Hyaluronic Acid berfungsi seperti spons dan menjadi salah satu solusi mengatasi kulit kusam dan tanda-tanda penuaan pada wajah,” jelas Dr. Litya dalam Virtual Launch of L’Oreal Paris Revitalift 1,5% Hyaluronic Acid Serum di Indonesia, Rabu (2/9).

Hal senada diungkapkan Global Science Director dari L’Oréal Paris Elisabeth Bouhadana. Meskipun diproduksi secara alami oleh kulit, produksi HA dapat menurun seiring bertambahnya usia. Bahkan tanda-tanda penuaan berangsur-angsur muncul sejak umur 25 tahun.

“Kulit tidak lagi mampu menahan kandungan air, dan mulai mengalami dehidrasi sehingga wajah terlihat kusam dan garis halus mulai terlihat,” jelas Elisabeth.

Dengan berkurangnya kadar hyaluronic acid di dalam tubuh, semakin sulit pula kemampuan tubuh untuk menjaga agar kulit tetap terhidrasi dengan baik. Untuk itu diperlukan HA tambahan dari luar. Salah satunya penggunaan HA serum.

Beauty influencer Tyna Kanna Mirdad pun berbagi pengalamannya menggunakan HA serum. Diakui Tyna, kalau saat ini banyak serum yang memang mengandung HA di pasaran. Tak sekadar isapan jempol belaka, ibu dari dua anak memang merasakan betul manfaat dari kandungan HA tersebut.

Biasanya, untuk penggunaan serum, Tyna mengaplikasikannya saat pagi dan malam hari. Khususnya saat penggunaan malam hari, kulit wajahnya akan terasa lebih kenyal dan lembap saat bangun.

Saat memilih serum, dirinya pun lebih suka dengan serum yang teksturnya tidak lengket dan clear. Penting juga untuk memilih serum yang mudah menyerap.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads