alexametrics

4 Langkah Hindari Stres untuk Ibu Kuat Selama Pandemi

2 Desember 2020, 18:07:30 WIB

JawaPos.com – Menjalani aktivitas di tengah pandemi Covid-19 memang menjadi tantangan tersendiri untuk setiap orang. Tak terkecuali seorang ibu yang kadang harus menjalani peran ganda dalam keluarga.

Bukan hanya sekadar mengurus rumah. Tapi juga memastikan keluarga tetap aman dan nyaman di rumah selama pandemi. Terlebih jika seorang ibu harus membagi waktu untuk pekerjaan kantor. Tanggung jawab yang banyak tentuny membuat ibu rentan stres.

Untuk itu, perlu adanya dukungan dari anggota keluarga atau sesama ibu. Sehingga kondisi fisik dan mental sang ibu tetap terjaga.

Agar Ibu dan keluarga menjadi kuat, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar terhindar dari stres.

1. Acceptance

Menerima bahwa kondisi harus di rumah saja terjadi pada semua orang, kita tidak sendiri. Minta tolong lah pada anggota keluarga jika merasa lelah. Tidak semua hal dapat kita tangani sendiri.

2. Family Bond

Gunakan momen kebersamaan dengan keluarga. Bermainlah dengan anak-anak seperti melompat, menari atau bernyanyi. Bisa juga membuat makanan bareng untuk camilan. Jangan lupa, momen menggosok gigi di pagi dan malam hari bisa menjadi kebiasaan baik yang mempererat hubungan dengan keluarga.

3. Get Some Exercise

Luangkan waktu sedikit untuk berolahraga. Tentu hal ini menjadi hal yang sering diingatkan kepada Ibu. Tapi untuk memulainya dalam keluarga, tak ada salahnya ibu mencontohkan.

4. Support system

Jaga komunikasi dengan saudara atau sahabat, walaupun dilakukan secara virtual. Gunakan media sosial untuk terhubung dengan orang terdekat. Saling mendukung sesama Ibu juga dapat menjadi penyemangat. Dukungan dari sesama Ibu sangat berarti seperti pada poin yang disebutkan diatas.

Menerima situasi dan merasakan bahwa Ibu tidak sendirian yang berada pada situasi seperti ini pastinya dapat memberikan semangat. Seperti gerakan #IbuKuatkanIbu digagas oleh Ciptadent.

“Kami bersyukur atas sambutan baik yang diberikan para Ibu di Indonesia melalui gerakan #ibukuatkanibu yang masih terus berjalan hingga akhir November. Tentunya pesan ini ingin
kami teruskan agar lebih banyak lagi Ibu di Indonesia yang saling menyemangati agar kuat menghadapi situasi pandemi seperti ini,” ujar Monica Raharja, Brand Manager Ciptadent.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Nurul Adriyana Salbiah


Close Ads