alexametrics

Jadi Warisan Budaya Dunia, 12.262 Penari Gelar Tari Saman

14 Agustus 2017, 13:14:33 WIB

JawaPos.com – Siapa yang tidak tahu dengan Tari Saman. Tari asal Aceh itu kini telah diakui oleh Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) sebagai warisan dunia. Kini di hadapan 50 ribu orang penonton, Pemerintah Aceh menampilkan tari saman dengan melibatkan 12.262 penari.

Pagelaran itu berlangsung di Stadion Seribu Bukit, Blangkejeren, Gayo Lues Minggu (13/8). Pagelaran itu diklaim memecahkan rekor dunia. Sebab sebelumnya Gayo Lues mencetak rekor Tari Saman melibatkan 5.057 penari pada 2014.

“Kami mencatat 12.262 penari untuk tari saman jilid II kali ini,” kata Manager Museum Rekor Indonesia (MURI), Andre Purwandono seperti dilansir Rakyat Aceh (Jawa Pos Group), Senin (14/8).

Jadi Warisan Budaya Dunia, 12.262 Penari Gelar Tari Saman
Gubenur Aceh, Irwandi Jusuf memegang piagam rekor Muri setelah Tarian sama Massal di Gayo Lues (Hendri/Rakyat Aceh/JawaPos.com)

Pagelaran itu juga disaksikan langsung oleh Gubernur Aceh Irwandi Yusuf. Dia berharap seluruh masyarakat Indonesia dapat melestarikan tarian saman. “Ini merupakan rekor dunia. Hanya Indonesia yang miliki maha karya sangat indah ini,” ujarnya.

Irwandi Yusuf menyebut, tarian saman spektakuler dan diakui PBB sebagai budaya dunia. “Tari saman milik dunia. Yang buat tari saman orang Gayo Lues bukan warga Aceh secara keseluruhan,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua Panitia yang juga Sekda Kabupaten Gayo Lues, Thalib menyebutkan pagelaran Tari Saman yang memecahkan rekor dunia itu disaksikan lebih dari 50 ribu orang. Dia menyebut, jumlah 12.262 penari di luar perkiraan. Sebelumnya dia cuma memerkirakan 10.001 penari.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (iil/jpg/JPC)



Close Ads
Jadi Warisan Budaya Dunia, 12.262 Penari Gelar Tari Saman