JawaPos Radar

Penyegaran Baru Apple MacBook Pro Diklaim Paling Cepat

13/07/2018, 17:33 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
MacBook Pro, MacBook Pro terbaru, harga MacBook Pro
Apple MacBook Pro mendapat sentuhan pembaruan perangkat keras. (Istimewa/Apple)
Share this image

JawaPos.com - Apple baru saja mengumumkan upgrade besar ke jajaran MacBook Pro. Varian baru 13 inci dan 15 inci mendapat peningkatan performa yang diklaim luar biasa berkat hadirnya chip Intel 8th Generation yang baru. Penyegaran produk tersebut juga menambahkan beberapa fitur penting bagi para profesional, termasuk opsi dengan lebih banyak memori.

Melansir laman AppleNewsRoom, Jumat (13/7), model MacBook Pro baru dengan fitur Touch Bar prosesor Intel generasi ke-8, hadir dengan chipset 6 core pada model 15 inci. Apple mengklaim peningkatan tersebut hadir untuk kinerja hingga 70 persen lebih cepat.

Sementara chipset dan quad-core pada model 13 inci disebut mampu menghadirkan kinerja dua kali lebih cepat. Hal ini ideal untuk memanipulasi set data besar, melakukan simulasi yang kompleks, membuat proyek audio multi-track, meproses gambar lanjutan, atau mengedit film. Apple juga menyebut bahwa MacBook Pro baru dapat mengompilasi kode lebih cepat dalam menjalankan beberapa kebutuhan berat para penggunanya.

MacBook Pro, harga MacBook Pro, MacBook Pro Sleeves Leather
Apple Sleeves Leather, aksesori baru untuk MacBook Pro. (Istimewa/Apple)

Untuk MacBook Pro 15 inci, pembaruan tambahan termasuk dukungan hingga 32 GB RAM, 6-core Intel Core i7 dan Core i9 processors up to 2,9 GHz with Turbo Boost up to 4,8 GHz, dan dukungan grafis dari Powerful Radeon Pro discrete graphics 4 GB. Terakhir yang paling penting adalah hadirnya penyimpanan internal dengan kemampuan simpan data hingga 4 TB.

Sementara untuk varian MacBook Pro 13 inci-nya, pembaruan yang hadir adalah prosesor Quad-core Intel Core i5 and i7 dengan clock 2,7 GHz Turbo Boost hingga 4,5 GHz dan doubel eDRAM, dan penyimpanan internal hingga 2 TB. Baik varian 15 inci maupun 13 inci, Apple sama-sama menghadirkan keduanya dengan Chip Appl T2 yang mungkin menambahkan lapisan keamanan ekstra dan membawa dukungan perintah suara 'Hey Siri' ke MacBook Pro.

Selain itu, Retina Displays pada kedua model MacBook Pro juga mendapat upgrade. Perusahaan menambahkan teknologi True Tone untuk meningkatkan pengalaman menonton dengan kualitas warna alami. Layarnya masih menggunakan panel dengan gamut warna P3 lebar dan kecerahan maksimal hingga 500 nits.

Wakil Presiden Senior Pemasaran Worldwide di Apple, Philip Schiller mengatakan bahwa generasi terbaru MacBook Pro adalah notebook tercepat dan terkuat yang pernah dibuat oleh Apple. “Dengan sejumlah pembaharuan perangkat keras yang hadir pada MacBook Pro, ini adalah notebook terbaik untuk pengguna pro,” ujarnya demikian.

Untuk harga dan ketersediaan, Apple membanderol perangkat komputer super tipisnya itu dengan harga mulai dari USD 1.799 atau berkisar Rp 25 jutaan hingga USD 2.399 atau sekitar Rp 34 jutaan untuk masing-masing modelnya. Kedua model MacBook Apple yang mendapat pembaruan tersebut sudah tersedia online di situs resmi Apple untuk negara-negara dan reseller tertentu.

Selain pembaruan perangkat keras MacBook Pro-nya, Apple juga mengumumkan hadirnya aksesori tambahan lainnya yang tak kalah penting dan menarik. Aksesori tersebut adalah eGPU (GPU eksternal) untuk MacBook Pro, yakni Thunderbolt 3 konektor untuk model 13 inci dan 15 inci yang dapat mendukung performa layar hingga menyentuh resolusi 5K.

Lainnya, aksesori untuk mempercantik MacBook adalah Apple leather sleeves yang sekarang tersedia untuk MacBook Pro 13 inci dan 15 inci. Pilihan warnanya Saddle Brown, Midnight Blue, dan untuk pertama kalinya hadir warna Black. Apple mengklaim sleeves tersebut dirancang dengan kulit berkualitas tinggi dan lapisan mikrofiber yang lembut untuk perlindungan ekstra.

(ce1/ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up