JawaPos Radar

Huawei Nova 3i Vs Xiaomi Mi A2, Siapa Jadi Jawara?

05/08/2018, 08:50 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Huawei Nova 3i, Huawei Vs Xiaomi, Nova 3i Vs Mi A2
Smartphone Huawei Nova 3i. (Rian Alfianto/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com – Beberapa pekan terakhir vendor Tiongkok banyak merilis smartphone andalan terbarunya. Baik untuk pasar tanah air maupun pasar global yang nantinya dipastikan pula hadir di Indonesia. Untuk segmen menengah dengan harga Rp 4 jutaan, tercatat ada Huawei dengan Nova 3i yang dibawanya beberapa hari lalu.

Sementara pada segmen yang sama, Xiaomi juga baru saja memperkenalkan perangkat Android One terbarunya, Mi A2. Meski baru dirilis secara global di Madrid, Spanyol, Xiaomi memastikan bakalan memboyong handset terbaru penerus Mi A1 tersebut ke Indonesia.

Banyak spekulasi beredar bahwa antara Huawei Nova 3i dan Xiaomi Mi A2 memiliki kesamaan. Selain dari sisi segmen dan urusan kantong, keduanya juga mirip untuk urusan spesifikasi. Lantas apakah benar kedua ponsel bikinan Negeri Tirai Bambu itu merupakan ponsel yang mirip dan siap berduel ‘adu jotos’ di pasar smartphone Indonesia nantinya? Mari kita simak.

Xiaomi Mi A2, Xiaomi Vs Huawei, Mi A2 Vs Nova 3i
Smartphone Xiaomi Mi A2. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Pertama, JawaPos.com akan membandingkannya dari segi spesifikasi. Namun perlu dicatat, perbandingan ini hanya merujuk pada urusan spesifikasi, belum sampai pada level pengujian produk secara lebih eksplisit. Mengawali langkah perbandingan ini, kami mulai dari urusan yang paling krusial. Ya, dialah sektor dapur pacunya.

Dari segi prosesor, Huawei Nova 3i hadir dengan chipset yang tergolong baru dan segar. Huawei Nova 3i hadir dengan sokongan chipset Hisilicon Kirin 710 yang diklaim memiliki kemampuan mumpuni di sektor Artificial Intelligence (AI).

AI pada Kirin 710 lebih diimplementasikan pada kebutuhan olah gambar dan urusan tembak-menembak objek foto. Kemampuan AI Kirin 710 dan antarmuka EMUI 8.2 terbaru diklaim menghasilkan handset yang akan menawarkan pengalaman fotografi empat kamera sekaligus. Ini biasanya ditawarkan pesaing pada smartphone premium mereka.

Sekarang bergeser ke Xiaomi dengan Mi A2-nya. Smartphone besutan vendor yang digawangi Lei Jun itu tampak percaya diri dengan chipset Qualcomm Snapdragon 660. Meski tidak hadir dengan chipset sebaru dan sesegar Kirin 710, Snapdragon seri 660 ini sempat disebut andal untuk urusan konsumsi dayanya.

Kendati meluncur lebih dahulu hampir setahun lalu dari kelahiran Kirin 710, nyatanya Snapdragon 660 juga memiliki kemampuan AI yang tak kalah mumpuni. Sama seperti rivalnya Huawei dengan Nova 3i, Snapdragon 660 di tubuh Mi A2 juga memiliki kemampuan AI yang dialokasikan untuk urusan fotografi.

Sementara untuk urusan RAM dan penyimpanan internalnya, Huawei Nova 3i meluncur dengan RAM 4 GB dan memori internal seluas 128 GB. Ya, hanya varian itu yang diboyong Huawei di pasar tanah air.

Berbeda dengan Huawei yang sudah meluncur di pasar tanah air, Xiaomi Mi A2 yang dikenalkan di Madrid, Spanyol, akhir bulan lalu hadir dengan pilihan RAM 4 GB dan 6 GB. Sementara penyimpanan internalnya yakni 32 GB, 64 GB, dan 128 GB. Belum jelas varian mana yang akan dibawa Xiaomi ke tanah air. Apakah hanya satu seperti Huawei atau keseluruhannya.

Selanjutnya pindah ke area layar. Huawei Nova 3i hadir dengan layar FullView berbentang 6,3 inci. Huawei Nova 3i juga tampil kekinan yang turut disematkan poni alias notch di bagian atas layarnya. Untuk urusan display, Nova 3i memiliki resolusi 2.340 x 1.800 piksel dengan aspek rasio ke bodi sebesar 19,5:9.

Sementara Xiaomi Mi A2 punya layar seluas 5,99 inci dengan resolusi 1.080 x 2.160 piksel serta screen ratio to body sebesar 18:9. Berbeda dengan Huawei Nova 3i, layar kekinian dengan poni ala iPhone X absen dari perangkat ini.

Bergeser ke sektor kamera, antara Huawei Nova 3i versus Xiaomi Mi A2 memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Bicara kuantitas, Huawei Nova 3i menang urusan kamera ketimbang Xiaomi Mi A2. Sebab pada Nova 3i tersemat empat buah kamera sekaligus.

Kamera pada Huawei Nova 3i masing-masing memiliki resolusi sebesar 16 MP dan 2 MP untuk kamera utama di bagian belakang bodinya dengan aperture f2.2. Sementara untuk penembak gambar di bagian depan alias kamera selfie, Nova 3i memiliki dua buah kamera lagi dengan resolusi lebih besar dari kamera belakang. Ya, resolusi 24 MP dan 2 MP terpampang pada kamera depannya dengan aperture yang sama.

Sementara Xiaomi, seperti disinggung di atas, mungkin kalah untuk urusan kuantitas kameranya. Sebab Mi A2 hanya dibekali tiga buah kamera saja. Dua di belakang dan satu di depan.

Kendati begitu, kamu yang menunggu ponsel ini jangan kecewa dulu. Sebab meski 'jumlah' kameranya tidak sebanyak Nova 3i, Xiaomi Mi A2 untuk kamera belakangnya memiliki resolusi lebih besar dari Nova 3i, yakni 12 MP dan 20 MP dengan bukaan f1.8. Sementara kamera selfie-nya memiliki resolusi 20 MP dengan aperture f2.2.

Perbandingan lainnya adalah dari sisi daya. Huawei Nova 3i hadir dengan baterai sebesar 3.340 mAh dan Xiaomi Mi A2 dibekali baterai berkapasitas 3.000 mAh. Dari sisi sistem operasi, Huawei Nova 3i hadir dengan sistem operasi Android Oreo 8.1 dan antarmuka EMUI 8.2 khas Huawei. Sedangkan Xiaomi Mi A2 merupakan smartphone Android One dengan OS Android 8.1 Oreo dan antarmuka stock Android yang banyak disukai dengan alasan lebih ringan tanpa aplikasi bawaan tak berguna.

Nah yang terakhir ini paling penting. Urusan kantong! Omong-omong ongkos untuk memboyong masing-masing perangkat tersebut, Huawei Nova 3i dibanderol seharga Rp 4,199 juta di Indonesia.

Sementara untuk Xiaomi Mi A2 belum ada informasi mengenai harga resmi ketika diluncurkan di Indonesia. Sebagai gambaran saja, Xiaomi Mi A2 kala peluncurannya di Madrid, Spanyol, dilepas dengan harga termurah dengan RAM 4 GB dan ROM 32 GB dibanderol Euro 249 atau sekitar 4,2 juta (Kurs Rp 16.926).

Kemudian yang kedua RAM 4 GB dan ROM 64 GB dihargai Euro 279 atau sekira 4,7 juta. Pilihan terakhir dengan spesifikasi paling tinggi, RAM 6 GB dan ROM 128 GB bisa diboyong seharga Euro 349 atau sekitar 5,9 juta.

Namun menilik kebiasaan Xiaomi di pasar tanah air dengan jumlah MiFans (fans Xiaomi) yang tak sedikit, tampaknya Xiaomi akan enggan melepas ponselnya dengan harga terlalu mahal. Bahkan yang sudah-sudah, Xiaomi merilis smartphone-nya dengan harga lebih murah ketimbang harga yang ada di pasaran global.

Demikian perbandingan yang bisa JawaPos.com buat mengenai handset Huawei Nova 3i dengan Xiaomi Mi A2. Sekali lagi diingatkan, perbandingan ini merujuk pada kesamaan harga, segmen yang dituju di pasar tanah air, dan beberapa kemiripan spesifikasi. Sementara untuk urusan penggunaan dan performa, mungkin kedua produk tersebut nantinya akan berbeda. Untuk lebih pastinya, kita tunggu saja kehadiran Xiaomi Mi A2 di tanah air. Stay tuned di kanal Teknologi JawaPos.com!

(ce1/ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up