alexametrics

Bundaran Waru Ditutup, Macet 1 Kilometer

8 Juli 2021, 10:47:40 WIB

JawaPos.com – Forkopimda Jatim mengambil langkah tegas untuk menekan tingginya persebaran Covid-19 di Surabaya. Kemarin mereka menutup bundaran Waru yang menjadi akses menuju Surabaya dari arah selatan.

Dari pantauan Jawa Pos, penutupan yang dimulai pukul 09.00 itu menimbulkan kemacetan sepanjang 1 kilometer.

Maklum, titik tersebut adalah jalur utama penghubung Surabaya–Sidoarjo. Banyak pengendara yang mengeluh. Mayoritas mengaku akan telat ke tempat kerja kalau harus mencari jalan alternatif. ’’Keluargaku sopo sing nafkahi nek gak kerjo, Pak,” teriak seorang pengendara. Namun, petugas bergeming. Mereka tetap mengarahkan pengendara untuk putar balik.

’’Jalan ini ditutup demi keselamatan masyarakat,” kata Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta di sela-sela meninjau kawasan itu. Nico mengatakan, keputusan tersebut diambil setelah mempertimbangkan banyak hal. Misalnya, fakta bahwa mobilitas warga yang masuk Surabaya masih cukup tinggi.

Terkait warga luar kota yang bekerja di Surabaya, Nico mengatakan bahwa kewajibannya tetap bisa dilakukan. Dengan catatan memenuhi persyaratan sebagai pelaku perjalanan. Yakni, membawa bukti bebas korona dan sudah menjalani vaksinasi.

Direktur Lalu Lintas Polda Jatim Kombespol Latif Usman menerangkan, penutupan itu berlangsung sampai PPKM darurat berakhir. Namun, kebijakan bisa jadi diubah di tengah waktu. ’’Tergantung evaluasi. Setiap hari akan dievaluasi. Efisien atau tidak,” paparnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : edi/hen/riq/c6/oni


Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads