alexametrics

Mencetak Gol Memang Tugas Striker, Tapi Sepak Bola Ini Kolektif

Aji Santoso Soal Taisei Marukawa
25 November 2021, 20:32:53 WIB

JawaPos.com-Performa impresif Persebaya Surabaya berlanjut. Tim berjuluk Green Force itu kembali meraih kemenangan.

Kali ini giliran Persita Tangerang yang dihajar empat gol tanpa balas di Stadion Maguwoharjo, Sleman, tadi malam (24/11).

Dominasi Persebaya sudah terasa sejak awal laga. Baru tiga menit pertandingan berjalan, Taisei Marukawa sudah membobol gawang Persita. Kebobolan di menit awal itulah yang membuat mental pemain Persita down.

”Mungkin gol itu terlalu cepat. Kami jadi harus bermain terbuka untuk mengejar ketertinggalan. Dari situ kami malah kebobolan gol lebih banyak,” kata pelatih Persita Widodo Cahyono Putro.

Pada babak kedua Persebaya mampu menambah tiga gol. Masing-masing melalui Bruno Moreira pada menit ke-68, Taisei Marukawa (74’), dan Samsul Arif (80’).

Kebobolan tiga gol tambahan membuat Widodo kecewa. Tapi, dia memang harus berani mengambil risiko untuk bermain terbuka.

”Karena kami sudah ketinggalan di menit awal. Tidak mungkin kami bertahan dan membiarkan skor 1-0. Kami harus mencetak gol penyeimbang. Tapi, kami malah lengah. Ini yang akan terus kami perbaiki,” ungkap Widodo.

Pelatih Persebaya Aji Santoso menyebut gol cepat Taisei memang jadi penentu jalannya laga.

”Gol cepat membuat kepercayaan diri anak-anak makin tinggi. Itu faktor yang membuat kami mampu mencetak gol-gol selanjutnya,” kata pelatih 51 tahun itu. Meski demikian, Aji tidak kaget dengan gol cepat tersebut. ”Karena sebelum laga saya sudah menginstruksi anak-anak untuk melakukan pressing ketat. Saya memang mau gol cepat,” tambahnya.

Karena itu, Aji memuji penampilan anak asuhnya. Apalagi, ini jadi kemenangan terbesar Persebaya musim ini. Belum lagi hasil tadi malam membuat Green Force belum tersentuh kekalahan dalam tujuh laga pemungkas.

Runner-up Liga 1 2019 itu meraih lima kemenangan dan dua hasil imbang. Statistik Persebaya juga luar biasa. Mereka total mencetak 14 gol dan hanya kebobolan 4 gol.
Bahkan, performa apik tersebut membuat Persebaya kini bertengger di papan atas.

Merangsek ke posisi kelima dengan torehan 23 angka. Terpaut enam poin dari Bhayangkara FC yang ada di puncak klasemen. Catatan positif bukan hanya itu. Kemenangan 4-0 juga membuat Persebaya tercatat sebagai tim paling agresif di Liga 1 2021–2022.

Total, Green Force sudah mencetak 24 gol dari 13 laga. Persebaya mengungguli Persib Bandung yang jadi tim tersubur kedua dengan torehan 23 gol.

Meski punya catatan sangat apik, Aji tidak mau anak asuhnya jemawa.

”Saya sampaikan ke pemain untuk tetap down to earth. Tetap humble juga. Laga masih banyak. Jangan sampai kehilangan fokus. Apalagi, selisih (poin) dengan tim di bawah sangat rapat,” tutur mantan pelatih Persela Lamongan itu.

Striker Persebaya Samsul Arif setuju dengan Aji. Sebagai pemain senior, dia meminta rekan-rekannya tetap merendah. Dia ingin hasil positif dalam tujuh laga bisa dijadikan sebagai modal berharga.

”Tentunya itu harus jadi motivasi untuk menatap laga selanjutnya. Apalagi, kami tahu bahwa dinamika kompetisi bisa berubah kapan saja,” jelas striker 36 tahun tersebut.

Aji berharap performa apik itu bisa dijaga. Termasuk saat melawan Persik Kediri (28/11). Meski recovery mepet, kondisi pemain diharapkan tetap oke. Sebab, beberapa pemain inti sempat diganti pada akhir laga kontra Persita. Seperti Reva Adi, Alwi Slamat, dan Marselino Ferdinan.

”Kami memasukkan pemain yang jarang tampil seperti Frank Rikhard Sokoy dan Hambali Tholib,” terang Aji.

Sementara itu, dua gol Taisei Marukawa ke gawang Persita tadi malam menyamai torehan top scorer sementara Persebaya Jose Wilkson, yaitu enam gol. Catatan Taisei sebagai top scorer jelas jadi kejutan. Sebab, posisi aslinya adalah winger.

Aji mengungkapkan, semua pemain memang berpeluang mencetak gol. ”Mencetak gol memang tugas striker. Tapi, sepak bola ini kan olahraga kolektif. Pemain selain striker juga bisa mencetak gol,” katanya.

Selama ini Taisei memang tidak pernah tergantikan. Dia selalu tampil sebagai starter dalam 13 laga beruntun Green Force. Selain sudah mengemas enam gol, pemain asal Jepang itu telah mencatatkan tiga assist. Aji pun memuji setinggi langit performa Taisei. ”Taisei tampil bagus. Dia bagian penting dalam tim Persebaya,” tegasnya.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : gus/c9/ali



Close Ads