alexametrics

Honda ADV 150 Disebut Penantang Yamaha NMAX, Simak Spesifikasinya

21 Juli 2019, 06:05:50 WIB

JawaPos.com – Pasar skutik premium diramaikan dengan kehadiran Honda ADV 150. Itu merupakan besutan anyar Astra Honda Motor (AHM) untuk meramaikan pasar skutik premium di tanah air. Honda ADV beraliran adventure. Meski merupakan motor generasi baru dengan aliran yang baru pula, motor ini masih menggunakan platform yang kurang lebih mirip dengan Honda PCX, mesinnya juga demikian.

AHM sebelumnya juga mengatakan bahwa motor ini adalah motor yang sama dengan segmen pasar dari Honda PCX. Segmen tersebut adalah penyuka skutik berbadan besar dengan segmentasi kelas menengah ke atas. Namun begitu untuk Honda ADV 150, motor ini lebih menyasar kepada kalangan penyuka kegiatan luar ruang, adventure, dan perjalanan jauh atau turing menggunakan motor.

Honda ADV 150 dari sisi fitur dan teknologi, sebagai skutik premium, motor ini hadir dengan fitur yang lengkap. Beberapa fiturnya antara lain ada panel layar monokrom yang menurut kami menyajikan berbagai informasi yang lengkap.

Beberapa fungsi panelnya adalah penunjuk kecepatan, RPM, indikator bensin, rata-rata penggunaan bensin, hari dan jam, suhu mesin, voltase aki, indikator jarak (Trip A dan Trip B) dan beberapa fungsi lainnya. Sebuah sajian informasi lengkap yang dikemas dalam satu layar persegi yang cukup besar.

Dengan fitur lengkap tersebut, banyak yang membandingkan Honda ADV 150 dengan Yamaha NMAX. Sudah pasti, karena Yamaha NMAX telah hadir cukup lama dan Honda ADV 150 baru saja diluncurkan di GIIAS 2019, Honda ADV 150 bisa dibilang sebagai penantang Yamaha NMAX.

Tampang Honda ADV 150 (Edy Pramana/JawaPos.com)

Untuk spesifikasi, Honda ADV 150 memiliki tipe mesin 4 langkah dengan SOHC, eSP, dilengkapi Idling Stop System. Kemudian disematkan tipe pendingin cairan. Sistem suplai bahan bakar adalah PGM-FI (Programmed Fuel Injection). Kemudian perbandingan kompresi 10,6:1.

Honda ADV 150 memiliki daya maksimum 10,7 kW (14,5 PS)/8.500 rpm. Sedangkan torsi maksimum 13,8 Nm (1,34 kgf.m)/6.500 rpm. Dimensi Honda ADV 150 adalah 1.950 x 763 x 1.153 mm (panjang x lebar x tinggi). Kemudian tinggi tempat duduk 795 mm, jarak sumbu roda 1.324 mm, jarak terendah ke tanah 165 mm. Sementara berat kosog 132 kg (tipe CBS) dan 133 kg (tipe ABS). Kapasitas tangki bahan bakar 8 liter dan kapasitas bagasi 28 liter.

Honda ADV 150 dilengkapi twin subtank rear suspension. Sementara sistem pengereman Triple Pot Hydraulic, CBS (untuk tipe CBS), dan Anti-Lock Braking System (untuk tipe ABS).

Bagaimana dengan Yamaha NMAX? Motor ini memiliki tipe mesin liquid cooled 4-stroke, SOHC. Sistem suplai bahan bakar adalah FI (Fuel Injection). Kemudian perbandingan kompresi 10,5:1.  Yamaha NMAX memiliki daya maksimum 11.1 kW/8000 rpm. Sedangkan torsi maksimum 14.4 Nm/6000 rpm.

Dimensi Yamaha NMAX adalah 1.955 x 740 x 1.115 mm (panjang x lebar x tinggi). Kemudian tinggi tempat duduk 765 mm, jarak sumbu roda 1.354 mm, jarak terendah ke tanah 135 mm. Sementara berat isi 127 kg. Kapasitas tangki bahan bakar 6,6. Yamaha NMAX dilengkapi unit swing pada suspensi belakang. Sementara sistem pengereman adalah Single Disc Brake (ABS).

Berdasar tampilan, Honda ADV 150 bisa dikatakan sedikit unggul dalam hal pencahayaan. Perlu diketahui, Honda ADV 150 telah dilengkapi lampu sein LED, sedangkan Yamaha NMAX masih bohlam biasa. Selain itu, lampu sein Honda ADV 150 akan berkedip saat dilakukan pengereman mendadak. Tapi, ini khusus untuk Honda ADV 150 tipe ABS.

Fitur tersebut dinamakan ESS (Emergency Stop Signal). Fitur ESS bakal secara otomatis akan mengaktifkan lampu hazard saat melakukan pengereman mendadak, sehingga dapat memberikan peringatan ke pengendara di sekitarnya terutama pada posisi di belakang kendaraan.

Lampu depan Honda ADV 150 telah menggunakan LED dan dilengkapi sistem Daytime Running Light (DRL) yang modern. Selain itu, lampu belakang juga LED.

Honda ADV 150 juga dilengkapi windshield yang adjustable dengan 2 setelan ketinggian. Artinya, piranti ini bisa diatur ketinggian sesuai keinginan pengendara.

Dalam hal sistem kunci kontak, Honda ADV 150 hadir dengan fitur kunci keyless yang sama dengan yang ada di Honda PCX. Di area kunci ada knob yang bisa diputar untuk menyalakan mesin, pembuka tangki bensin, dan jok belakang. Motor ini disediakan remote FOB, kemudian terdapat Answer Back System, dan dilengkapi alarm. Yamaha NMAX masih menggunakan kunci mekanikal dan berpenutup magnet.

Editor : Edy Pramana

Close Ads