alexametrics

BPN Enggan Komentari Sikap PAN yang Akui Kemenangan Jokowi-Ma’ruf

21 Mei 2019, 15:15:51 WIB

JawaPos.com – Hasil final rekapitulasi yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum RI (KPU) menunjukkan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin unggul dari Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan mengakui kemenangan yang diperoleh oleh Jokowi-Ma’ruf Amin dalam pilpres.

“Iya kami (PAN) mengakui kemenangan Pak Jokowi. Soal pilpres, kami akui hasil KPU,” ujar Zulkifli Hasan di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (21/5).

Namun, PAN memberikan lima catatan terhadap KPU dalam proses rekapitulasi tersebut. Catatan ini menjadi dasar PAN dalam mendatangani berita acara rekapitulasi, sehingga tidak ada berita simpang-siur ke depannya.

“PAN sudah tandatangan hasil rekapitulasi. Tidak ada lagi berita simpang-siur. Kami mengakui hasil KPU,” kata pria yang akrab disapa Zulhas itu.

Zulhas menambahkan, PAN hanya akan melayangkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) untuk pileg 2019. Sebab, mereka meyakini adanya kecurangan dalam pelaksanaan pileg 2019.

“Dengan beberapa catatan tadi, lima Dapil kami gugat. Kami tandatangan dengan catatan gugat ke MK,” ungkapnya.

Lalu bagaimana sikap Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, mengenai PAN yang mengakui kemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin?

Saat dikonfirmasi, Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi, Andre Rosiade mengatakan enggan mengomentari sikap dari PAN tersebut. Dia menyerahkan kepada masyarakat untuk menilai sikap PAN itu.

“Itu urusan PAN, kami tidak mau mengomentari. ‎Itu urusan Pak Zul, biarkanlah rakyat yang menilai, rakyat yang mengomentari‎,” ujar Andre.

Andre mengatakan, saat ini BPN lebih fokus terhadap soal dugaan-dugaan kecurangan di pemilu 2019 ini. Mereka juga tengah mempersiapkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Kami sedang fokus melapor ke MK. Kami tidak punya ruang dan tidak punya waktu‎ mengomentari PAN,” ungkapnya.

Sementara itu, Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, Irma Suryani Chaniago menyambut baik pengakuan kemenangan dari PAN terhadap Jokowi-Ma’ruf Amin. Menurut Irma, sikap PAN dapat menyukseskan pemerintahan yang dipimpin oleh Jokowi-Ma’ruf Amin ke depan.

‎”Ya, Alhamdulilah. Kita berterima kasih, itu artinya mereka berpikir untuk bangsa dan negara. Berpikir untuk kemaslahatan bangsa ini ke depan,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Gunawan Wibisono



Close Ads