alexametrics

Makna Warna Merah pada Angpao dan Busana Imlek

25 Januari 2020, 09:41:05 WIB

JawaPos.com – Perayaan Imlek identik dengan warna merah dalam setiap pernak-perniknya. Dimulai dari dekorasi, lampion, busana, hingga yang paling ditunggu yaitu angpao. Mengapa harus warna merah, ya?

Dalam laman China Highlights, Sabtu (25/1), merah merupakan warna penting bagi budaya Tiongkok karena mereka akan diberkahi dengan makna keberuntungan.  Merah mewakili api dan merupakan warna paling populer di Tiongkok. Warna ini juga merupakan warna nasional yang mewakili kebahagiaan, keindahan, vitalitas, keberuntungan, dan kesuksesan.

Merah terkenal dan banyak digunakan selama festival serta acara penting seperti pernikahan. Lentera merah juga kerap menghiasi bisnis dan tempat tinggal.

Baris ganda huruf ‘Xi’ (kebahagiaan) berwarna merah ditempel di gerbang dan pintu. Orang-orang mengenakan pakaian merah selama pernikahan, festival, dan acara perayaan lainnya. Amplop merah diisi dengan uang dan diberikan sebagai hadiah selama Tahun Baru Imlek.

Kepada JawaPos.com, Jumat (24/1), Koko Jakarta 2019 Andreas Lumampauw menjelaskan, warna merah melambangkan keberuntungan dan semangat. Bicara soal busana, disarankan memakai warna merah apapun jenisnya. Bahkan masyarakat di Indonesia sudah menyesuaikan diri dengan akulturasi budaya menggunakan batik saat Imlek.

“Kalau merah memang disarankan. Apa saja mau kaos, kemeja, busana cheongsam boleh-boleh saja. Bahkan kalau mau batik merah juga boleh banget. Asal jangan warna duka seperti warna hitam,” jelasnya.

Lalu angpao warna merah berisi uang juga memiliki makna. Angpao sesuai dalam makna sebenarnya adalah Amplop Merah. Maka dari itu warnanya harus merah. “Angpao itu amplop merah. Maka harus merah, ya,” katanya tertawa.

Angpao diberikan dari orang tua kepada anaknya. Jika anaknya sudah menikah pun boleh diberi angpao oleh mertua dan orang tua.

“Kalau sudah menikah yang memberikan hanya orang tuanya saja. Kerabat lain enggak bisa. Angpao pada dasarnya untuk memelihara keharmonisan dan kerukunan keluarga. Enggak dilihat dari berapa isinya, tetapi makna kekeluargaannya,” jelas Andreas.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:

Alur Cerita Berita

Lihat Semua