alexametrics

Studi, Punya dan Jago Main Aplikasi Kencan Online Berpotensi Selingkuh

10 Januari 2021, 17:17:02 WIB

JawaPos.com – Aplikasi kencan online sudah semakin banyak variannya dan membantu siapa saja untuk mencari teman atau jodoh. Namun sebuah penelitian menemukan hasil, jika dikaitkan dengan kesetiaan, ternyata kebiasaan ini bisa berpengaruh pada hubungan asmara.

Menurut sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan dalam Journal Computers in Human Behavior, jika piawai bermain aplikasi kencan online, Anda kemungkinan besar tidak setia kepada pasangan Anda. Studi ini meminta 395 pengguna aplikasi kencan mengisi kuesioner sederhana tentang kebiasaan kencan mereka, dan menemukan bahwa kesuksesan menggunakan aplikasi kencan dan keinginan yang dirasakan sendiri terkait dengan niat untuk berselingkuh.

Artinya, jika seseorang merasa dirinya keren dan punya pesona, kemungkinan besar dia akan mencari cinta di luar hubungan. Menariknya, penelitian ini juga menemukan bahwa 40 persen responden di Amerika Serikat (AS) yang memiliki hubungan serius (misalnya, orang yang serius berkencan, tinggal bersama, bertunangan, atau menikah) mengaku aktif di aplikasi kencan.

Apa artinya?

“Jika mereka mengetahui bahwa pasangan mereka saat ini masih menggunakan aplikasi kencan, berhati-hatilah apapun alasannya,” kata pakar hubungan dari Vancouver Kanada, Brad Browning seperti dilansir dari YourTango, Minggu (10/1).

“Saya kenal banyak orang yang pasangannya mengatakan bahwa pasangan mereka mengaku ikut kencan hanya untuk iseng. Pada akhirnya, saya tidak pernah terkejut ketika ternyata mereka terlibat perselingkuhan,” tambah Brad.

“Jadi, berhati-hatilah jika mengetahui bahwa pasangan masih menggunakan aplikasi kencan,” lanjutnya.

Studi ini juga menemukan bahwa ini bukan tentang seberapa sering orang menggunakan aplikasi kencan. Studi ini lebih melihat seberapa sukses mereka di aplikasi ini.

Satu-satunya cara untuk memerangi perselingkuhan semacam ini adalah dengan fokus pada komunikasi. “Tetapkan batasan yang jelas dengan pasangan tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Perjelas definisi Anda tentang monogami dan selingkuh,” tegasnya.

Sayangnya, selain dari tanda-tanda kecurangan yang lebih jelas, tidak ada cara untuk mengetahui dengan pasti apakah mereka setia atau tidak.
Meskipun perselingkuhan selalu tidak bisa dimaafkan, hal itu lebih sering terjadi dalam hubungan yang tidak bisa membahagiakan satu sama lain.

Studi ini juga melihat bagaimana penggunaan aplikasi kencan memengaruhi pandangan orang-orang tentang pasar kencan. Menurut Brad, menggunakan aplikasi kencan membuat orang melihat bahwa mereka memiliki lebih banyak calon pasangan yang tersedia bagi mereka.

“Plus, jika Anda melihat ada 500 calon lawan jenis di luar sana, Anda mungkin kewalahan dengan semua pilihan.
Pada akhirnya, Anda tidak dapat mencegah perselingkuhan, tidak peduli seberapa besar keinginan Anda,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Close Ads