alexametrics

Survei: Mayoritas Anak Muda Boros dan Susah Menabung

4 Mei 2021, 13:17:10 WIB

JawaPos.com – Milenial atau dewasa muda memiliki banyak penghasilan di usia produktif. Sayangnya, mereka lebih suka menggunakannya untuk hal-hal konsumtif seperti makanan, gaya hidup dan liburan. Mereka melakukannya tanpa berpikir rencana jangka panjang demi gengsi dan kepuasan batin.

Dalam survei Bank Commonwealth, sebanyak 53 persen anak muda Indonesia berpendapat bahwa menabung itu mudah. Akan tetapi, kenyataannya menabung masih sulit dilakukan.

Pengguna internet di Indonesia jumlahnya mencapai 202 juta orang dengan 98 persen populasi memiliki mobile phone. Dan aplikasi mobile yang paling banyak digunakan anak muda adalah social media dan shopping application.

Dalam webinar CommBank Mobile, mengedukasi keuangan lebih baik lagi untuk meraih rencana keuangan. Sehingga transaksi perbankan dibuat menjadi lebih sederhana, mudah dilakukan dan lebih menyenangkan. Dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, anak muda diedukasi mengelola keuangan dengan baik, hingga mengatur keuangan untuk mencapai berbagai tujuan salah satunya lewat aplikasi.

“Hal ini meyakinkan kami bahwa banyak orang membutuhkan aplikasi mobile untuk memenuhi kebutuhan finansial mereka,” kata Presiden Direktur Bank Commonwealth Lauren Sulistiawati dalam webinar, Senin (3/5).

Riset mengenai perilaku keuangan anak muda di Indonesia menemukan hasil bahwa, mayoritas responden berpendapat bahwa mereka sangat konsumtif dan kesulitan untuk menabung, serta tidak memiliki kebiasan yang baik sehingga menjadi boros. Tapi, mereka juga menyadari pentingnya menabung dan mereka merasa bisa menabung lebih banyak lagi dengan perangkat yang tepat dan dapat membantu memenuhi tujuan mereka.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads