alexametrics

Pentingnya Bermain Musik Bagi Anak Down Syndrome

21 Maret 2019, 17:10:35 WIB

JawaPos.com – Setiap anak dilahirkan dengan keunikan dan bakat masing-masing. Begitu juga dengan anak down syndrome yang rata-rata memiliki kemampuan piawai dalam bidang seni, bahkan bisa melebihi dari anak-anak lain pada umumnya.

Musik merupakan suatu hal yang menyenangkan untuk dipelajari dan dapat membantu mengembangkan kemampuan konsentrasi. Nada dan irama berulang yang ada di dalam musik dapat mempermudah anak down syndrome untuk mengingat dan memahami materi yang diberikan.

“Musik dan seni merupakan hal yang banyak disenangi semua anak karena mengandung unsur keindahan dan keceriaan,” jelas Kepala Divisi Pengembangan Anak Spesial Rumah Autis, Henny Ma’rifah, kepada JawaPos.com, Kamis (21/3).

Menurut Henny, dengan latihan yang kontinyu dan berulang, anak-anak Down Syndrome akan memahami apa yang diberikan. Pengajar dan orang tua harus konsisten dan menyampaikannya dengan cara yang ceria dan sabar.

“Sebagian besar mereka mampu menguasai berbagai keterampilan memainkan alat musik dan seni,” katanya.

Untuk itu dii Rumah Autis, anak-anak down syndrome juga difasilitasi dengan seni salah satunya belajar bermain alat musik. Musik dapat membantu anak Down Syndrome mengekspresikan emosi mereka lebih baik dan membantu dalam menjalani proses belajar sehari-hari.

Selain seni, anak down syndrome juga gemar dalam bidang olahraga. Banyak anak-anak down syndrome yang berhasil menjadi juara olahraga hingga tingkat internasional.

“Seperti juara olimpiade atletik, pelukis, modeling dan lainnya,” katanya.

Dalam berbagai literatur disebutkan, kelainan down syndrom pertama kali ditemukan oleh Dokter dari Inggris, John Langdon Down, pada 1866. Pada normalnya manusia memiliki 23 pasang kromosom, sehingga menjadi total 46 buah kromosom. Sementara pada anak down syndrome terdapat kelebihan satu kromosom pada kromosom nomor 21 dan menjadikan kromosom ini berjumlah tiga, dimana seharusnya hanya sepasang.

Hal ini menyebabkan jumlah total kromosom menjadi 47 buah, yang biasa disebut sebagai trisomi 21. Kelainan kromosom ini menyebabkan lambatnya pertumbuhan fisik dan mental penyandang Down Syndrome.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Copy Editor :

Pentingnya Bermain Musik Bagi Anak Down Syndrome