alexametrics

Takut Covid-19 Menular Via Udara, Warga Singapura Borong Air Purifier

9 Juni 2021, 07:07:12 WIB

JawaPos.com – Penjualan pembersih ruangan atau air purifier di Singapura melonjak drastis. Itu setelah warga ramai-ramai memborong alat elektronik itu karena khawatir Covid-19 bisa menular lewat udara di ruangan atau aerosol. Sayangnya menurut ahli, sebetulnya tak perlu menggunakan pembersih udara di rumah, kuncinya adalah ventilasi.

“Paling penting adalah membuka pintu atau jendela sebanyak mungkin untuk memaksimalkan ventilasi alami guna mengurangi risiko terpapar Covid-19,” kata Badan Lingkungan Nasional (NEA) Singapura.

Saran ini datang ketika penjualan alat pembersih udara meningkat dalam beberapa pekan terakhir menyusul kekhawatiran bahwa Covid-19 dapat menyebar melalui transmisi udara di beberapa tempat. NEA sendiri mengatakan meski menggunakan pembersih udara yang tepat dan dapat menghilangkan aerosol virus di udara, tidak dapat bertindak sebagai pengganti ventilasi yang baik.

Baca juga: Viral Surat Dokter, Singapura Bandingkan Vaksin Pfizer dan Sinovac

“Air purifier juga tidak dapat bertindak sebagai pelindung bagi anggota rumah tangga lain jika salah satu sudah atau terkena virus,” katanya seperti dilansir The Straits Times.

“Ventilasi yang baik dapat mencegah akumulasi aerosol virus di udara, dan mengurangi risiko paparan virus. Anggota masyarakat tidak perlu membeli atau menggunakan pembersih udara di rumah, tetapi dapat meningkatkan ventilasi melalui cara alami seperti membuka pintu dan jendela sebanyak mungkin,” tegas NEA.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads