JawaPos Radar

Alasan Kinal Pilih Jeanne d’Arc Jadi Tema Event Kelulusan dari JKT48

12/06/2018, 13:23 WIB | Editor: Dhimas Ginanjar
Alasan Kinal Pilih Jeanne d’Arc Jadi Tema Event Kelulusan dari JKT48
Member Tim J Devi Kinal Putri yang akan lulus dari JKT48 (DHIMAS GINANJAR/JAWA POS)
Share this image

JawaPos.com – Devi Kinal Putri mulai menghitung hari-hari terakhirnya bersama JKT48. Pada Rabu, 27 Juni nanti, kapten pertama tim JKT48 itu akan melangsukan konser kelulusannya. Setelah tujuh tahun bersama JKT48, member yang akrab disapa Kinal itu memutuskan untuk lulus dan menjadi staf grup idola tersebut.

Event kelulusan itu rencananya digelar di Thamrin Nine Ballroom pukul 19.00. Saat ditemui di Teater JKT48, Minggu (10/6) malam, member asal Bandung itu mengatakan sudah mempersiapkan banyak hal. ’’Sudah menyiapkan lagu-lagu yang akan dibawakan,’’ ujar Kinal.

Lebih lanjut dia menjelaskan, tema event kelulusannya adalah Devi Kinal Putri Forever Jeanne D’Arc. Ada alasan tersendiri Kinal memilih sosok perempuan tangguh asal Perancis itu. Seperti diketahui, Jeanne d’Arc adalah lambang perempuan yang kuat.

Alasan Kinal Pilih Jeanne d’Arc Jadi Tema Event Kelulusan dari JKT48
Devi Kinal Putri saat membawakan unit song Kagami no Naka no Jeanne D'Arc saat hari terakhir pertunjukan Pajama Drive pada 2012. (Buku Laptime JKT48, Lima Tahun Penuh Cerita/Dhimas Ginanjar)

Kinal bisa disimbolkan sebagai perempuan tangguh yang sudah bersama JKT48 sebagai generasi pertama. Kinal adalah kapten pertama Tim J dan juga pernah memimpin Tim KIII. Salah satu ciri khasnya adalah dia pernah menjadi center di unit song Kagami no Naka no Jeanne D'Arc (Joan of Arc di Dalam Cermin) di setlist teater Pajama Drive.

Sebagai center, Kinal dengan gagah membawa sebuah bendera. Kinal diibaratkan sebagai sosok pemimpin yang tak kenal lelah mengibarkan bendera untuk menjadi penyemangat dan inspirasi bagi seluruh member. Setelah lulus, Kinal akan tetap mengobarkan semangat itu sebagai Kepala Sekolah JKT48 Academy.

’’Pertama kali jadi center di unit song dan lagu itu (Joan of Arc di Dalam Cermin) memorable ke akunya juga. Semua orang juga masih inget aku di lagu itu,’’ jelas Kinal kenapa memilih Jeanne D’Arc sebagai tema. Meski di kisah sebenarnya Jeanne berakhir tragis, Kinal meminta untuk tidak melihat itu. Sebab, situasinya berbeda dengan di JKT48.

Nah, semangat Jeanne D’Arc tidak hanya menjadi tema belaka. Kinal sepertinya secara serius ingin mengimplementasikan ke daftar lagu yang akan dia bawakan di konser kelulusan. ’’Nggak ingin seperti JKT48 biasanya yang cantik. Aku ingin sesuatu yang lebih. Pemilihan lagunya selektif, aku cukup egois di sini. Lagu yang aku banget,’’ tuturnya.

Kinal bilang, ingin event kelulusannya itu bisa menyenangkan. Sesuai dengan karakter dirinya yang periang. ’’Aku bukan member paling cantik atau paling menawan dan anggun di JKT48. Aku lebih ke humoris, blak-blakan, kekar hehehe. Aku ingin (event kelulusan) seperti itu (mewakili karakter diri, Red). Acaranya harus menyenangkan,’’ tandasnya.

Supaya kesan itu lebih terasa, Kinal tidak mau menggunakan istilah konser dalam perpisahannya nanti. Dia lebih suka memakai istilah event supaya lebih eksklusif dan terasa kekeluargaannya. ’’Kalau konser itu harus megah. Event bisa lebih kekeluargaan,’’ jelasnya.

Itulah alasannya, Kinal memilih 27 Juni sebagai event kelulusannya. Tanggal itu berada di hari kerja, bukan weekend seperti konser kelulusan member JKT48 lainnya. Tanggal itu disimbolkan seperti pertunjukan teater biasa yang memang dibuka pada hari kerja.

’’Seperti teater juga, dimulainya pukul 19.00. Kalau mau lihat bagaimana Kinal terakhir kali menari di JKT48, datang saja,’’ pesannya.

(dim/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up