alexametrics

Sri Mulyani: Dunia Akan Dihadapkan Pada Tiga Tantangan Ini

19 Oktober 2021, 16:50:10 WIB

JawaPos.com – Kementerian Keuangan mengungkapkan, ada tantangan yang dihadapi oleh sebuah negara di masa depan. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut, ketiga tantangan tersebut diantaranya, pandemi, perubahan iklim, dan teknologi digital.

Menurutnya, negara yang tak mampu menyesuaikan dan beradaptasi di setiap kondisi akan terseret arus menjadi negara tertinggal. Sementara negara yang mampu menghadapi ketika tantangan tersebut akan menjadi pemenang.

“Tiga hal itu yang akan menyapu dunia, yang akan mempengaruhi dan menentukan sebuah negara apakah dia akan jadi pecundang atau pemenang atau winner,” ujarnya secara virtual, Selasa (19/10).

Sri Mulyani mengaku, dalam menghadapi ketiga tantangan tersebut tidak lah mudah, bahkan menjadi sangat sulit dilakukan pada saat ini. Seperti misalnya, pandemi yang dialami oleh seluruh masyarakat dunia. Meski pandemi bukan yang pertama kali, namun masih ada kemungkinan hal serupa terjadi di masa depan.

“Pandemi Covid-19 bukanlah yang pertama kali dan bukan yang terakhir kali,” ucapnya.

Saat ini, lanjutnya, seluruh dunia sedang berupaya keras mencari cara dan menyiapkan penanganan yang lebih naik. Hal ini dilakukan untuk pencegahan dan penanganan sedini mungkin.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Romys Binekasri




Close Ads