alexametrics

Chatib Basri Usul Bansos Bisa Lewat Sim Card Ponsel, Ini Caranya

18 Oktober 2021, 17:35:56 WIB

JawaPos.com – Ekonom Chatib Basri mengusulkan agar bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat yang tidak mampu dapat disalurkan melalui transfer pulsa. Dalam hal ini, pemerintah dapat bekerjasama dengan perusahaan telekomunikasi untuk mengetahui profil masyarakat miskin.

Menurutnya perusahaan telekomunikasi memiliki data untuk mengetahui profil masyarakat yang tidak mampu. Ketika melalukan registrasi kartu sim provider terdaftar juga nomor induk kependudukan (NIK).

“Perusahaan telekomunikasi itu punya data profiling orang. Mereka yang miskin itu beli sim cardnya tak banyak, mobilitasnya juga bergeraknya nggak jauh, sehingga dari sana itu bisa di profiling,” ujarnya secara virtual, Senin (18/10).

Meskipun demikian, Chatib Basri mengaku, data yang tersaji di sim card tidak 100 persen akurat. Namun, setidaknya dapat terdeteksi kemampuan daya beli dari kebutuhan komunikasi mereka.

Nantinya, para penerima bisa mencairkan pulsa tersebut menjadi uang, misalnya dapat melalui platform pembayaran milik perusahaan pelat merah seperti LinkAja, ataupun bekerja sama dengan jaringan mini market yang tersebar di berbagai lokasi.

“Misalnya sim cardnya di top up. kemudian bisa di cash out, bisa di LinkAja, bisa di Indomaret, bisa dilakukan,” ucapnya.

Chatib Basri menyebut, pemerintah dapat memanfaatkan tekonologi seperti ini. Meskipun masih banyak kelemahan dalam penggunaan data sim card, namun hal ini dapat dikembangkan.

“Jadi kita gunakan teknologi. Ini mungkin tentu ini masih banyak kelemahan tapi bisa dieksplor,” pungkasnya.

Editor : Kuswandi

Reporter : Romys Binekasri




Close Ads