alexametrics

Kemendag Dorong Pemanfaatan Sistem Resi Gudang di Jawa Timur

11 Juni 2021, 10:08:52 WIB

JawaPos.com – Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus mendorong kinerja Sistem Resi Gudang (SRG) di Jawa Timur. SRG sendiri merupakan instrumen pembiayaan untuk mendukung terwujudnya kelancaran produksi dan distribusi barang.

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan, berkaca dari pengalaman sebelumnya di Jawa Tengah, terdapat beberapa SRG yang berhasil naik kelas. Sehingga pihaknya ingin hal serupa juga dapat terjadi di daerah lain.

“Di Brebes untuk bawang merah makin aktif dalam hal pembiayaan, di Kudus yang sebelumnya tidak digunakan dan tidak ada pengelola, sekarang sudah ada pengelola, demikian juga di Purworejo,” ujarnya dalam keterangannya, Jumat (11/6).

Potensi di Jawa Timur membrut Jerry tidak kalah dari Jawa Tengah dalam hal komoditas. Ia menyebut beberapa komoditas seperti beras, jagung, garam, kopi dan tembakau. “Jangan lupa juga ada komoditas lain seperti kedelai, ikan dan gula,” imbuhnya.

Jerry memaparkan, di Jawa Timur sendiri ada sebanyak 23 gudang SRG yang didirikan oleh Kemendag yang sudah dihibahkan ke pemerintah daerah serta beberapa gudang SRG milik swasta. Gudang-gudang milik pemerintah inilah yang saat ini sedang berusaha ditingkatkan.

“Ini tantangan yang menarik karena dari 23 gudang baru kurang dari seperempatnya yang berfungsi. Kita berharap tahun ini yang sudah difungsikan bisa mencapai dua kali lipat dari sekarang,” jelasnya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads