alexametrics

Puncak Mudik Terlewati Lancar, MTI: Buah Pembangunan Infrastruktur

1 Mei 2022, 16:06:59 WIB

JawaPos.com – Puncak arus mudik Lebaran 2022 telah dilewati, yakni antara H-3 dan H-2 Lebaran. Kini sejumlah bandara, jalan tol, jalan nasional, kereta api, dan pelabuhan terlihat dapat dikendalikan dengan baik.

Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat Djoko Setijowarno pun mengatakan bahwa memang puncak arus mudik telah selesai. Menurutnya, ini adalah waktu yang tepat untuk mudik.

“Hari ini rata-rata sudah lancar lah ya, (puncak arus mudik) udah lewat, kalau yang cerdas hari ini mulai jalan, beres. Teman saya berangkat hari ini atau nanti malem, itu kan lancar, pemilihan jam itu penting,” jelas dia kepada JawaPos.com, Minggu (1/5).

Ia menuturkan, kemacetan yang terjadi ini karena masyarakat tidak terlalu memperhatikan jam-jam padat lalu lintas. Jadi, volume lalu lintas yang melonjak secara signifikan pun tidak dapat terelakkan.

“Orang kita kan cari sensasi, masa (mudik) nggak ada macet-macetan. Tapi secara keseluruhan waktu perjalanan tidak seperti dulu sebelum ada jalan tol,” imbuhnya.

Ia menilai bahwa infrastruktur yang menjadi prioritas pemerintah membuahkan hasil. Dia mengatakan, waktu tempuh Jakarta-Solo ketika jalan tol belum tersambung adalah 35 jam. Namun kini bisa dipangkas sekitar 50 persen atau hanya 17 jam.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads