JawaPos Radar

Sebut Minim Upgrade, Huawei Sindir Samsung Galaxy Note 9?

13/08/2018, 14:02 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Huawei Mengejek Samsung, Huawei P20 Pro, Samsung Galaxy Note 9
Cuitan Twitter Huawei yang seperti mengejek Samsung. (Twitter)
Share this

JawaPos.com – Tidak bisa dipungkiri bahwa persaingan antarvendor smartphone semakin sengit saat ini. Bahkan kerap diwarnai aksi saling ejek. Terbaru, aksi 'ledek-ledekan' ini terjadi antara Huawei yang diduga ditujukan kepada rivalnya dari Korea Selatan (Korsel), Samsung.

Huawei yang notabene vendor asal Tiongkok melakukan ‘serangan’ kata-kata yang diduga ditujukan kepada Samsung. “Seperti ini yang dinamakan upgrade generasi yang sebenarnya," kata Huawei dalam sebuah postingan foto di akun Twitter resmi miliknya, @HuaweiMobile.

Tulisan tersebut merupakan tulisan yang ada dalam sebuah foto. Adapun foto tersebut memperlihatkan gambar dua buah smartphone dengan perbedaan yang mencolok antar keduanya.

Huawei Mengejek Samsung, Huawei P20 Pro, Samsung Galaxy Note 9
Perbandingan Samsung Galaxy Note 9 (kiri) Vs Galaxy Note 8 (kanan). (Samsung)

Seperti terlihat, sebelah kiri gambar tersebut memperlihatkan smartphone bikinan Huawei terdahulu, yakni Huawei P10 Plus. Sementara di sisi kanannya terdapat flagship lain yang merupakan upgrade dari Huawei P10 Plus, yakni Huawei P20 Pro.

Mengapa muncul spekulasi bahwa Huawei mengejek Samsung? Seperti JawaPos.com lansir dari laman GSMArena, Senin (13/8), melalui sebuah unggahan foto, Huawei ingin memperlihatkan bahwa sebuah upgrade sejatinya harus benar-benar terlihat dan dirasakan manfaatnya.

Lewat foto tersebut tampaknya Huawei ingin menggambarkan bahwa line-up produk yang mereka buat memiliki perbedaan yang signifikan dari generasi ke generasi. Huawei P10 Plus di sisi kiri hadir dengan dua kamera utama. Selanjutnya di sisi kanan, masih dari keluarga ‘P’ yakni Huawei P20 Pro, hadir dengan tiga kamera utama sebagai sebuah pembaruan.

Sebagai gambaran, mengapa Huawei dianggap mengejek Samsung adalah karena smartphone terbaru Samsung Galaxy Note 9 sepertinya dianggap ‘minor’ upgrade oleh Huawei. Baik Samsung Galaxy Note 8 dan penerusnya Galaxy Note 9 masih memiliki kesamaan spesifikasi. Padahal Galaxy Note 9 sejatinya merupakan varian baru dari lini Galaxy Note yang meluncur baru-baru ini.

Kesamaan antara Galaxy Note 8 dan Note 9 adalah sektor kameranya. Galaxy Note 9 masih membawa resolusi yang sama seperti Note 8 untuk kamera depan dan belakangnya. Meskipun pada Galaxy Note 9 sudah mendukung Artificial Intelligence (AI) pada sektor kameranya, tampaknya bagi rivalnya Huawei itu bukan merupakan sebuah ‘upgrade’.

Kendati dianggap minim upgrade pada sektor kamera, Samsung Galaxy Note 9 memiliki sejumlah pembaruan yang membuatnya tetap pantas dibeli sebagai sebuah smartphone terbaru. Upgrade tersebut, antara lain, pada sektor chipsetnya, bentang layar lebih luas, kapasitas baterai, dan ruang simpan lebih jumbo, serta yang menarik adalah S Pen-nya yang sudah mendukung koneksi Bluetooth.

Kembali ke Huawei, dalam unggahan foto di jejaring sosial Twitter-nya itu juga turut disematkan kisi-kisi smartphone terbarunya lewat sebuah caption. Vendor smartphone yang baru merintis ulang namanya di pasar tanah air itu berujar bahwa pada Huawei P10 dan P20 Pro ada lompatan besar. Mereka sesumbar bahwa upgrade selanjutnya pada smartphone baru mereka akan sangat mengesankan.

“Kami mengambil ‘lompatan’ ketika kami meluncurkan #HuaweiP20Pro. Ini semua tentang peningkatan nyata yang akan membuat perbedaan setiap hari seperti kamera dengan lensa triple dengan 40 MP, 5x zoom, dan banyak lagi. Bayangkan apa yang akan terjadi selanjutnya,” kata Huawei dalam cuitannya.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up