Google Maps Siapkan Fitur Baru, Live View dengan Augmented Reality

25 November 2022, 11:14:11 WIB

JawaPos.com – Sebagai penunjuk jalan atau tempat tertentu yang ingin dipelajari, saat ini layanan peta digital dari Google yakni Google Maps banyak digunakan. Selain karena praktis, Google Maps juga menyediakan banyak fitur baru.

Misalnya yang paling baru, Google mengumumkan pencarian Live View berbasis AR atau Augmented Reality untuk Maps pada September dan perusahaan sekarang siap untuk melanjutkan pembaruan fitur tersebut. Fungsionalitas baru ini sebagai tahap awal akan tersedia di kota-kota tertentu mulai dari Los Angeles, London, New York, Paris, San Francisco, dan Tokyo.

“Katakanlah Anda mengunjungi New York dengan rencana untuk belanja liburan dan bertemu dengan teman-teman. Angkat ponsel Anda dan ketuk ikon kamera di bilah pencarian untuk melihat toko terdekat dan tempat lain seperti kedai kopi, bank, dan ATM,” jelas Amanda Leicht Moore, Direktur Produk Google Maps menjelaskan di blog resminya.

Dia melanjutkan, dengan petunjuk arah dan panah berbasis AR, pengguna dapat melihat ke arah mana mereka berada dan seberapa jauh lokasi mereka. Dan bahkan melihat tempat yang tidak terlihat langsung (seperti toko pakaian di sekitar blok) juga dimungkinkan untuk mendapatkan rincian lebih detail di lingkungan tersebut.

“Bagian terbaiknya, selain menunjukkan lokasi tempat, Anda dapat melihat informasi penting tentang setiap tempat yang disajikan seperti buka atau tidak, seberapa sibuknya, berapa kisaran harganya dan sebagainya,” lanjut Amanda.

Secara sederhana, fitur ini berfungsi seperti Live View saat ini yang membantu Anda bernavigasi menggunakan kamera ponsel secara real-time. Mode Live View akan melapisi panah di atas lingkungan Anda serta mengarah ke landmark atau tempat lain yang Anda cari.

Menggunakan miliaran gambar Street View, Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) dan AR, opsi pencarian Live View yang baru akan memberi pengguna pemahaman yang jauh lebih baik tentang lingkungan Anda.

Seperti sudah disinggung di atas, ini akan menampilkan toko, restoran, bank, ATM, dan tempat lainnya meskipun tidak terlihat dan berada di sekitar sudut, misalnya. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengaktifkan kamera di ponsel Anda di Maps dan mengarahkan ke arah yang Anda butuhkan.

Label yang bermunculan di fasilitas ini kini memiliki informasi berguna seperti jam sibuk, kisaran harga, rating, dan tentu saja buka atau tidak. Opsi stasiun pengisian kendaraan listrik baru juga hadir memungkinkan Anda untuk mencari stasiun yang kompatibel dan titik pengisian cepat di atas 50 kW.

Last but not least, Google meluncurkan pencarian yang dapat diakses pengguna kursi roda secara global karena awalnya hanya tersedia di Australia, Jepang, Inggris, dan AS. Semua fitur baru akan tersedia mulai minggu depan untuk pengguna Android dan iOS.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads