alexametrics

Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW Tetap Ikuti Protokol Kesehatan

29 Oktober 2020, 10:31:36 WIB

JawaPos.com – Umat Muslim memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW pada Kamis (29/10) atau tepatnya 12 Rabilulawal 1442 H. Beragam cara bentuk peringatan atas kelahiran Rasulullah tersebut.

Di antaranya dengan melakukan pengajian atau maulidan. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengingatkan masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Baik saat pengajian peringatan Maulid Nabi maupun saat berlibur. Adapun protokol kesehatan itu adalah menerapkan 3M. Yaitu, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Kepada pemerintah daerah (pemda) juga diminta melakukan pengawasan dalam setiap kegiatan keagamaan yang diselenggarakan warganya. Cara tersebut adalah cara untuk mencegah penularan Covid-19.

“Pemda juga harus berkomunikasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda),” kata Wiku.

Selain dengan Forkominda, Pemda diminta berkomunikasi dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, organisasi kemasyarakatan, pengelola hotel, pengelola tempat wisata, pelaku usaha dan pihak-pihak lain. Koordinasi tersebut untuk menegakkan disiplin protokol kesehatan agar lebih maksimal.

“Terkait upaya pengawasan dan upaya penegakan disiplin protokol kesehatan, Pemerintah Daerah harus mengoptimalkan peran Satgas Penanganan Covid-19 di daerah sesuai surat edaran Menteri Dalam Negeri,” jelas Wiku.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : ARM, Sabik Aji Taufan



Close Ads