alexametrics

Begini Penampakan KRI Nanggala 402 yang Tenggelam Hingga 838 Meter

25 April 2021, 22:30:47 WIB

JawaPos.com – Kapal selam KRI Nanggala-402 telah ditemukan yang terbelah menjadi tiga bagian, pada kedalaman 838 meter di bawah laut. Remotely operated vehicle (ROV) atau robot bawah air dari kapal MV Swift Rescue milik Singapura berhasil menemukan bongkahan KRI Nanggala 402.

“Telah menghasilkan citra bawah air yang lebih detail MV Switf Rescue juga telah menurunkan ROV, untuk memperkuat citra bawah air secara visual menggunakan kamera,” kata Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto dalam konferensi pers di Badung, Bali, Minggu (25/4).

Hadi menyampaikan, bagian kapal yang terbelah itu antara lain kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan, kemudi selang timbul, bagian kapal yang lain dan baju keselamatan awak kapal MK 11. Bagian-bagian kapal ini pun diperlihatkan dalam konferensi pers tersebut.

Nahas 53 awak KRI Nanggala-402 tidak ada yang selamat dari peristiwa itu. Dia pun berencana mengusulkan kenaikan pangkat para prajurit Satuan Hiu Kencana TNI Angkatan Laut (AL) ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

KRI Nanggala 402 yang tenggelam di kedalaman 838 meter terpecah menjadi tiga bagian besar. (TNI AL for JawaPos.com)

“Semoga kami semua dapat meneruskan pengabdian paripurna Saudara-saudara sebagai prajurit-prajurit terbaik Tentara Nasional Indonesia,” ucap Hadi.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini:


Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads