Saudi Disebut Prioritaskan Keberangkatan Umrah Jamaah Indonesia

20 Oktober 2021, 09:49:28 WIB

JawaPos.com – Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Hilman Latief menyambut baik adanya pelonggaran aktivitas ibadah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Sebelumnya, otoritas Saudi juga menginformasikan kemungkinan dibukanya akses bagi jamaah Indonesia untuk beribadah umrah.

Kata Hilman, pihaknya terus memantau perkembangan kondisi dan kebijakan di Arab Saudi. Bersamaan itu, dia juga fokus mempersiapkan penyelenggaraan ibadah umrah di masa pandemi.

“Alhamdulillah kondisi pandemi di Tanah Air terus menurun. Hal sama juga terjadi di Arab Saudi. Kita tengah bersiap untuk menyongsong kebijakan diizinkannya kembali jemaah Indonesia untuk beribadah umrah,” kata dia dalam keterangannya, Rabu (20/10).

Koordinasi juga dilakukan pihaknya dengan Kedutaan Besar Kerajaan Arab Saudi di Jakarta. Berdasarkan hasil pertemuan dengan Duta Besar Arab Saudi, disampaikan bahwa pembukaan umrah untuk jamaah Indonesia akan segera dibuka.

“Dubes Arab Saudi juga menyampaikan bahwa jamaah dari Indonesia menjadi prioritas keberangkatan perjalanan ibadah umrah,” ujar Hilman.

Pihaknya juga melakukan koordinasi dengan Kementerian Kesehatan terkait perkembangan vaksinasi bagi jamaah umrah yang kemungkinan diperuntukan vaksinasi booster bagi jemaah umrah, dan pembukaan akses data sertifikat vaksin.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads