alexametrics

BPPT Sebut Kerusakan Terumbu Karang Hadapi Ancaman Serius

14 Juni 2021, 15:26:51 WIB

JawaPos.com – Kelautan di Indonesia menghadapi sejumlah persoalan. Di antaranya ekosistem terumbu karang yang terancam rusak karena sampah plastik.

Terhadap persoal kelautan itu, Deputi Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Bidang Pengkajian Kebijakan Teknologi Gatot Dwianto menyebut, ada sejumlah solusi terhadap persoalan kelautan Indonesia. Yakni, membuat terumbu karang tiruang berbasis keramik.

Keterangan itu disampaikan saat menjadi pembicara dalam seminar Menelisik Peran Teknologi Kreatif Keramik dalam Bidang Kelautan di Jakarta (10/6) lalu.

Dia menyebut ada sejumlah persoalan kelautan yang harus ditangani bersama. Di antaranya kerusakan ekosistem kelautan. “Termasuk di antaranya kerusakan ekosistem terumbu karang,” jelasnya.

Gatot mengatakan, luas terumbu karang di Indonesia mencapai 25 ribu km persegi. Atau, sekitar sepuluh persen dari luas total terumbu karang di dunia.

Indonesia juga memiliki jenis terumbu karang terbanyak di dunia, yaitu sejumlah 569 jenis terumbu karang dari 18 marga dan 15 suku. Tetapi kekayaan terumbu karang tersebut mengalami persoalan serius. Di antaranya disebabkan overfishing, polusi, dan amateur diving.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Hilmi Setiawan

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads