alexametrics

Belum Pernah Lulus Kuliah Megawati Akan Dapat Gelar Profesor, Pantas?

9 Juni 2021, 09:36:13 WIB

JawaPos.com – Presiden Indonesia ke-5 Megawati Soekarnoputri akan mendapatkan gelar Profesor Kehormatan ilmu pertahanan bidang kepemimpinan strategik, dari Universitas Pertahanan (Unhan). Penetapan yang dilakukan pada Jumat (11/6) mendatang ini akan menjadi gelar doktor ke-10 yang dimiliki Megawati.

Untuk diketahui, Megawati sendiri sebenarnya belum pernah lulus kuliah, di mana dirinya sempat menjadi bagian dari Fakultas Pertanian Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung pada 1965 silam. Namun tidak bisa melanjutkan dan menyelesaikan pendidikan karena kondisi gejolak politik saat itu.

Selain itu, mantan orang nomor satu di Indonesia ini juga pernah mengenyam pendidikan di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia pada 1970. Namun, tidak lulus juga. Lantas, apakah Megawati pantas menerima gelar tersebut?

Mengenai hal itu, Guru Besar Universitas Negeri Padang (UNP) Ganefri menyatakan, gelar profesor guru besar tidak tetap, pantas diberikan kepada Megawati Soekarnoputri. Sebab, Megawati sendiri banyak berkiprah dalam ranah pendidikan.

Ketua Forum Rektor LPTK itu menyatakan, secara akademis, Universitas Negeri Padang telah memberikan gelar doktor honoris causa kepada Megawati dalam bidang Politik Pendidikan meliputi formulasi dan implementasi kebijakan pendidikan.

“Penganugerahan gelar ini telah melalui studi akademis yang akurat oleh tim promotor,” kata Ganefri dalam keterangannya, Rabu (9/6).

Editor : Kuswandi

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads