alexametrics

Fraksi PKS DPR Peringati Mosi Integral M. Natsir 3 April 1950

3 April 2021, 22:08:34 WIB

JawaPos.com–Fraksi PKS DPR selenggarakan webinar Peringatan Mosi Integral M. Natsir 3 April 1950 dengan tema NKRI Harga Mati, Sabtu (3/4). Peringatan itu dilaksanakan setiap tahun oleh Fraksi PKS untuk mengenang episode sejarah penting kembalinya Indonesia dalam bingkai NKRI.

Tampil sebagai pembicara Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, Ketua BPIP 2018 Yudi Latif, Wakil Ketua Dewan Pertimbangan MUI Muhyiddin Junaidi, dan Ketua Umum Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia Adian Husaini.

Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini mengatakan Mosi Integral Natsir menjadi perhatian khusus bagi Fraksi PKS agar mata rantai sejarah perjalanan bangsa Indonesia tidak terputus. Melalui KMB, Belanda mencabik-cabik Indonesia menjadi negara serikat (RIS).

”Muhammad Natsir sebagai Ketua Fraksi Masyumi di Parlemen RIS, mengusulkan pembubaran RIS untuk kembali menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hari ini siapapun yang mengaku menegakkan NKRI, mengatakan NKRI harga mati, harus ingat jasa besar Muhammad Natsir,” ujar Jazuli.

Anggota Komisi I DPR itu mengatakan Mosi Integral Natsir membuktikan peran tokoh muslim dalam menjaga, menyatukan, dan menyelamatkan Indonesia dari upaya perpecahan.

”Mosi itu juga merupakan bukti komitmen tokoh-tokoh Islam terhadap NKRI. Inilah keteladanan yang diwariskan Pak Natsir untuk mencintai dan menjaga Indonesia,” ujar Jazuli.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Gunawan Wibisono

Saksikan video menarik berikut ini: