alexametrics

Kebanggaan Ridwan Kamil dengan Masjid Rawa Sumbar

21 Februari 2019, 15:53:18 WIB

JawaPos.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut, adanya ikatan batin antara warganya dengan Sumatera Barat. Hal itu diklaim karena satu karya warga Jawa Barat untuk warga Minang dengan berdirinya Masjid Raya Sumatera Barat.

Hal itu diungkapkan Kang Emil sapaan Ridwan Kamil usai melaksanakan salat subuh berjamaah bersama Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno di Masjid Raya, Jalan Khatib Sulaiman, Padang Utara, Padang, Kamis (21/2).

Masjid Raya dengan bentuk atapnya yang terinspirasi khas Minangkabau Rumah Gadang, ini mulai dibangun pada 21 Desember 2007 oleh Gubernur Sumatera Barat kala itu, Gamawan Fauzi dan selesai pada 4 Januari 2019. Arsiteknya adalah Rizal Muslimin, seorang arsitek dari kantor konsultan arsitektur Urbane yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat.

Kebanggaan Ridwan Kamil dengan Masjid Rawa Sumbar
Postingan Ridwan Kamil soal Masjid Raya Sumbar (Instagram @ridwankamil)

“Itulah hubungan batin antara masyarakat Jawa Barat dengan masyarakat Sumatera Barat, salah satunya karya goresan masyarakat Jawa Barat di Tanah Minang,” kata Kang Emil di Padang, Sumbar, Kamis (21/2).

Konsep masjid raya tersebut, terinspirasi dari peristiwa perselisihan empat suku yang terjadi di Mekkah, Arab Saudi pada zaman Rasulullah Muhammad SAW. Kala itu ada pertentangan mengenai pihak yang berhak memindahkan batu Hajar Aswad. Nabi Muhammad pun dengan bijak memutuskan untuk mengambil sebuah kain untuk memindahkan batu tersebut.

“Sehingga (ketika keempat ujung kain ditarik) melahirkan tempat seperti ini (bentuk Masjid Raya Sumatera Barat),” ujarnya.

Harapannya, masjid yang menelan anggaran pembangunan hampir Rp 500 miliar dan bisa menampung 5.000-6.000 jamaah ini menjadi kebanggaan masyarakat di Sumatera Barat.

Sebelumnya melalui akun Instagram pribadinya @ridwankamil pun turut mengungkapkan adanya rasa atau ikatan batin antara warga Jawa Barat dan Minang. Yakni dengan hadirnya Masjid Raya Sumbar hasil karya Rizal Muslimin, seorang arsitek dari kantor konsultan arsitektur Urbane yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Siti Fatonah

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads
Kebanggaan Ridwan Kamil dengan Masjid Rawa Sumbar