alexametrics

Khofifah Siapkan Program Cetar

12 Februari 2019, 20:44:25 WIB

JawaPos.com – Gubernur Jawa Timur (Jatim) terpilih Khofifah Indar Parawansa sudah menyiapkan program Cetar untuk 99 hari kerja pertama. Cetar yang dimaksud adalah cepat, tanggap, dan responsive.

Setelah serah terima jabatan, Khofifah akan berkonsolidasi dengan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Jatim. Tujuannya untuk memastikan sinergitas antar-kedinasan.

“Supaya kami dapat memberikan respons yang cepat, kemudian tanggap, dan responsive. Tentu dengan sinergitas Diskominfo kabupaten dan kota di Jawa Timur,” jelas Khofifah di Surabaya, Selasa (12/2).

Infografis Janji Kerja Khofifah-Emil.
Infografis Janji Kerja Khofifah-Emil. (Kokoh Praba Wardani/ JawaPos.com)

Khofifah akan dilantik sebagai Gubernur Jatim pada Rabu (13/2). Selanjutnya, Ketua Umum Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) itu bakal menggelar pertemuan dengan dengan Komisi Pemberantas Korupsi (KPK).

Khofifah akan meminta bantuan Deputi Pencegahan KPK. Yakni, terkait akuntabilitas dan transparansi APBD Jatim 2019. Khofifah juga berharap bantuan KPK agar dapat mencegah korupsi di kalangan aparatur sipil negara (ASN). Dia ingin menciptakan pemerintahan yang baik dan bersih.

“Bagaimana Deputi Pencegahan KPK dapat membantu kami memaksimalisasi apa yang kami bisa lakukan. Yakni, clean goverment, good governance,” ujar Khofifah.

Setelah itu, Khofifah akan meminta bantuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Menurutnya, BPK dapat membantu melakukan pemeriksaan dengan tujuan tertentu (PDTT). Sehingga KPK dapat mulai menelusuri dan mencegah korupsi di kalangan ASN Pemprov Jatim dengan hasil PDTT dari BPK. Karena PDTT merupakan pintu masuk KPK.

“Jadi pencegahan (korupsi) itu harus dimaksimalkan di hulunya. Sehingga kami dapat peta dan positioning hasil PDTT oleh BPK di Jawa Timur,” jelas Khofifah.

Pencegahan korupsi juga akan dilakukan di kalangan penyelenggara negara atau kepala daerah. Dengan begitu, Khofifah berharap mampu memaksimalkan semua layanan untuk masyarakat. Di antaranya layanan kesehatan, pendidikan, perizinan UMKM, dan industri kecil.

Editor : Dida Tenola

Reporter : Aryo Mahendro

Copy Editor :

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Khofifah Siapkan Program Cetar