JawaPos Radar

Soal Penolakan Abdul Somad, Cak Imin: Pandangan HTI Sudah Dibantah

03/09/2018, 22:10 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKS) Muhaimin Iskandar
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKS) Muhaimin Iskandar (Moh Mukit/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com – Penolakan ceramah Ustad Abdul Somad (UAS) di sejumlah tempat membuat Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKS) Muhaimin Iskandar angkat bicara. Pria yang kerap disapa Cak Imin ini menyayangkan adanya penolakan tersebut. Sebab, UAS, imbuhnya memiliki cara pandang yang sama terkait Pancasila dan NKRI.

Keyakinan Wakil Ketua MPR ini didasari dari hasil dialog secara langsung dengan UAS. Menurut dia, nasionalisme UAS tidak diragukan lagi. 

"Saya beberapa waktu yang lalu menemui bersama pimpinan-pimpinan MPR dengan Ustad Abdul Somad. Pada prinsipnya, Ustad Abdul Somad punya pandangan yang sama tentang NKRI tentang kebhinekaan dan Pancasila," ujar Cak Imin di Kantor PWNU Jatim, Surabaya, Senin, (3/8) malam.

Menurut Cak Imin, terkait isu UAS yang selalu dikait-kaitkan dengan organisasi terlarang seperti Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) sudah dibantah dengan tegas oleh UAS. Dalam pertemuannya beberapa waktu lalu, UAS sudah memberikan penjelasan secara rinci mengenai isu tersebut.

"Sehingga, dulu-dulu ada pandangan seolah HTI sudah dibantah oleh Ustad Abdul Somad," imbuhnya.

Cak Imin sadar, meski telah ada klarifikasi dari pihak UAS, namun klarifikasi tersebut belum diketahui oleh masyarakat luas. Oleh karenanya, Cak Imin menyarankan agar klarifikasi itu terus dilakukan oleh UAS sehingga masyarakat luas ikut memahaminya.

"Oleh karena itu dialog, klarifikasi lebih dibutuhkan agar tidak ada kecurigaan atau pun penghadangan," pungkasnya.

(mkd/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up