alexametrics

Produsen Hoax Benturkan Ustad Yusuf Mansur dengan Ustad Abdul Somad

10 Desember 2019, 08:58:54 WIB

JawaPos.com – Beberapa hari terakhir, kabar perceraian pendakwah Ustad Abdul Somad (UAS) menjadi buah bibir di media sosial. Hoax soal itu pun bertebaran. Salah satunya berupa sindiran yang mencatut Ustad Yusuf Mansur (UYM).

Salah satu berita palsu itu ditulis blog Merdekaind. Judulnya UYM Sindir UAS: Menceraikan Istri Sama Halnya Kezaliman. Berita tersebut kemudian disebar ulang oleh pemilik akun Facebook. Namun, narasi yang menyertai berita itu justru menyindir balik Yusuf Mansur. ’’Ga usah ngajarin UAS. UAS lebih faham dgn keputusan yang dia lakukan,” tulis akun Facebook Luis Nor itu pada 6 Desember 2019.

Setelah ditelusuri, isi berita yang diunggah blog Merdekaind mencopot dari portal berita lain. Versi asli berita tersebut berjudul Heboh UAS Cerai. Diunggah portal hot.detik.com pada 5 Desember 2019.

Berita itu sebenarnya hanya berisi kutipan singkat dari mantan istri UAS lewat medsos dan pernyataan pengacara UAS. Namun, blog Merdekaind menambahkan komentar Yusuf Mansur soal perceraian dalam Islam. Yusuf Mansur pun mengklarifikasi kabar palsu itu lewat unggahan di Instagram pada 6 Desember 2019. ’’Sering banget blog ini bikin hoax. Alhamdulillaah. Semoga Allah memaafkan saya,” tulisnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : zam/c18/fat


Close Ads