alexametrics

Jokowi Ingin Perusahaan Besar dan UMKM Sama-sama Untung

18 Januari 2021, 12:18:39 WIB

JawaPos.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyebut program kemitraan antara pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan perusahaan besar sangat penting. Sebab, hal itu dapat membuka peluang UMKM untuk masuk pasar global dan naik kelas dengan kualitas produk dan manajemen yang lebih baik.

“Yang mikro naik kelas ke yang kecil, yang kecil naik kelas ke menengah, dan menengah naik ke besar. Dan juga meningkatkan kualitas usaha UMKM menjadi lebih kompetitif. Artinya kualitas produk menjadi lebih baik,” ujarnya, Senin (18/1).

Jokowi berharap, pelaku UMKM dapat belajar dari perusahaan besar soal tata kelola dan manajemen yang lebih bankable. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap kemitraan ini juga bisa memberikan keuntungan pada perusahaan.

“Semua harus untung. Nggak bisa yang gede suruh rugi dan UMKM suruh untung. Nggak. Semuanya harus untung,” ucapnya.

Jokowi berharap, perusahaan besar dapat menyadari untuk berkontribusi mengembangkan UMKM dalam negeri. Sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

“Tolong dilihat, lingkungannya ada usaha mikro, kecil menengah, libatkan dalam kegiatan-kegiatan perusahaan. Sehingga akan mengangkat usaha-usaha itu menjadi naik level,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan, dari 56 perusahaan besar dan 196 UMKM yang turut dalam bekerja sama dalam perjanjian hari ini menghasilkan investasi hingga Rp 1,5 triliun.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads