alexametrics

SIG Latih Para Peternak Dan Manfaatkan Limbah Kotoran Hewan di Rembang

10 April 2021, 18:40:50 WIB

JawaPos.com – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) bekerja sama dengan SWEN IT memberikan pelatihan pada Mitra binaan sektor Peternakan. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan peternakan dan memanfaatkan limbah kotoran hewan ternak.

General Manager of CSR-SIG Edy Saraya mengatakan, langkah tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian perseroan melaui Program SIG Mandiri PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG). Dalam hal ini pihaknya melalukan kegiatan pelatihan peternakan terpadu untuk penigkatan kapabilitas sumber daya manusia mitra binaan peternak sapi Kabupaten Rembang.

“Dengan program kegiatan pelatihan peternakan terpadu, budidaya sapi, domba, ayam dan pengolahan limbah ternak, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan & wawasan Mitra Binaan budidaya sapi yang berada di kab. Rembang,” ujarnya dalam keterangannya, Sabtu (10/4).

Pelatihan kali ini diikuti 40 mitra binaan peternak sapi. Tujuannya, agar seluruh peserta dapat meningkatkan kemampuannya dalam mengembang biakan ternaknya menjadi produk sapi-sapi unggulan dengan harapan dapat bersaing dengan peternak-peternak dari daerah lain.

Pelatihan pengembangbiakan ternak yang diselenggarakan SIG bekerjasama dengan SWEN IT kepada peternak di Kabupaten Rembang. (Dok. SIG)

Para peserta akan dipandu oleh Ir. Hasjmi Harun dan Dr. Sri Wahyuni dari SWEN IT dalam pelatihan yang diselenggarakan dihotel Fave Rembang selama 2 hari. Harapannya, dapat meningkatkan semangat para mitra binaan dalam menjalankan usahanya ternaknya, sehingga lebih kreatif, berinovasi mengembangkan biakkan sapi-sapinya.

Selain itu, dapat mengelolah limbah ternaknya yang juga dapat dimanfaatkan sebagai bio gas untuk dapat digunakan kebutuhan seperti memasak sehingga bisa mengurangi biaya kebutuhan dapur apalagi dalam situasi pandemic seperti saat ini sangat bermanfaat sekali.

Pelatihan pengembangbiakan ternak yang diselenggarakan SIG bekerjasama dengan SWEN IT kepada peternak di Kabupaten Rembang. (Dok. SIG)

Dukungan dari berbagai pihak sangat diharapkan untuk bersama – sama membina para peternak di sekitar kita, agar berkembang dan dapat mencetak peternak-peternak sukses,” tandasnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Romys Binekasri, ARM

Saksikan video menarik berikut ini:





Close Ads