alexametrics

Komuter Rute Sidoarjo–Indro Gresik Beroperasi

Lewati Stasiun Tandes dan Kandangan
11 Februari 2021, 13:00:45 WIB

JawaPos.com – Ada kereta anyar yang menyapa dua stasiun di Surabaya Barat, Tandes dan Kandangan. Yaitu, kereta api komuter Sidoarjo–Indro, Gresik. Kereta tersebut resmi beroperasi kemarin.

Kemarin tidak sedikit penumpang yang mengabadikan momen dengan mengambil foto tampilan dalam dan luar kereta. Ketika kereta hendak tiba di Stasiun Indro, masyarakat sekitar yang tinggal di dekat bantaran rel terlihat melambaikan tangan.

Manajer Humas Daop 8 Surabaya Luqman Arif menuturkan bahwa sebelum dioperasikan, pihaknya melakukan pengecekan dan perawatan terhadap rel untuk lintasan kereta menuju Indro. Sebab sebelumnya, lintasan menuju Stasiun Indro tidak aktif. Terakhir, Stasiun Indro dilalui kereta bermuatan barang pada 2017. ’’Kereta penumpang juga baru kali ini di 2021,” katanya.

Dalam sehari, kereta dijadwalkan beroperasi sekali. Kereta berangkat dari Stasiun Sidoarjo pukul 10.00. Kemudian, kereta tiba di Stasiun Indro pukul 12.11. Kereta kembali berangkat menuju Stasiun Sidoarjo pukul 12.40. Sebelum penumpang naik lagi ke kereta, petugas mendisinfeksi gerbong.

Penumpang membeli tiket secara online melalui aplikasi KAI Access. Harga tiketnya Rp 5.000 untuk sekali jalan. Karena masih dalam suasana pandemi, ada batasan kuota penumpang. Luqman mengatakan, kereta hanya boleh diisi 186 penumpang.

Jika tidak pandemi, jumlah penumpang bisa lebih dari itu. ’’Sekitar 200 lebih bisa. Kami mengantisipasi kerumunan dan tetap jaga jarak,” jelas mantan manajer humas Daop 3 Cirebon itu.

Saat di stasiun, proses boarding dilakukan secara mandiri dan disaksikan petugas. Penumpang perlu menunjukkan tiket dan identitas yang sah saat boarding. Kecuali tiket go show yang tidak tertera data penumpang. Aturan pemakaian masker diberlakukan. Masker tidak boleh dilepas. Penumpang juga tidak boleh bergerombol dalam gerbong.

Baca Juga: Jika Terinfeksi Covid-19, Ini Gejala yang Paling Awal Muncul

Ada beberapa alasan rel kereta ke Stasiun Indro diaktifkan lagi. Pertama, faktor ekonomi. Adanya kereta ke arah Indro diharapkan bisa mendongkrak aktivitas ekonomi. Kedua, mengakomodasi mobilitas warga Gresik, Surabaya, hingga Sidoarjo.

Terpisah, Dhedy Prasetyo, salah seorang penumpang kereta komuter jurusan Indro, menyatakan sangat antusias untuk menjajal kereta pada hari pertama kemarin. Dia berangkat dari Stasiun Sidoarjo. ’’Saya asli dan tinggal di Malang. Saya kepingin sekali nyoba kereta ke Indro, Gresik,” ujarnya. 

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : sam/c6/git

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads