Sabtu, 23 Sep 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Hankam

Turun Gunung, 77 Anggota OPM Kembali ke Pangkuan Ibu Pertiwi

| editor : 

KEMBALI KE NKRI-Danrem 173/PVB, Brigjen TNI I Nyoman Cantiasa saat menerima bendera Bintang Kejora dan 2 pucuk pistol dari pimpinan TPN-Opm wilayah Yapen Timur, Kris Nussy Sineri  di Kampung Wadapi, Distrik Persiapan Wadimomi, Kabupaten Kepulauan Yapen.

KEMBALI KE NKRI-Danrem 173/PVB, Brigjen TNI I Nyoman Cantiasa saat menerima bendera Bintang Kejora dan 2 pucuk pistol dari pimpinan TPN-Opm wilayah Yapen Timur, Kris Nussy Sineri di Kampung Wadapi, Distrik Persiapan Wadimomi, Kabupaten Kepulauan Yapen. (Dok. Pendam XVII/Cenderawasih for Cedrawasih Pos/JawaPos.com)

JawaPos.com - Peringatan HUT ke-72 RI kemarin menjadi hari bersejarah bagi 77 Organisasi Papua Merdeka (OPM) bersama 300 simpatisannya. Mereka turun gunung tepatnya di Kabupaten Kepulauan Yapen untuk kembali ke panguan ibu pertiwi.

Di hadapan Danrem 173/PVB Brigjen TNI I Nyoman Cantiasa mereka kembali menyatakan kembali menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Anggota OPM tersebut bersama 300 simpatisan menyatakan ikrar kesetiaan kepada NKRI yang disampaikan di hadapan Danrem 173/PVB Brigjen TNI I Nyoman Cantiasa di Kampung Wadapi, Distrik Persiapan Wadimomi, Kabupaten Kepulauan Yapen, Kamis (17/8).

Anggota OPM yang menyerahkan diri itu berasal dari dua kelompok. Yakni, kelompok TPN-OPM wilayah Yapen Timur pimpinan Kris Nussy Sineri alias Coromis dan kelompok TPN-OPM wilayah Yapen Utara pimpinan almarhum Maikel Marani.

"Mereka juga menyerahkan 32 pucuk senjata api dan satu bendera bintang kejora," ujar Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI George Elnadus Supit.

"Mereka menyerahkan senjata karena sudah mengetahui bagaimana pembangunan yang terus berjalan di Papua. Mereka yang bergabung tersebut akan diberi fasilitas tempat tinggal oleh pemda setempat. Sebab, mereka rata-rata adalah nelayan," pungkasnya. (fia/nat/c17/ami)

(fia/nat/c17/ami)

Sponsored Content

loading...
 TOP