alexametrics

Menumbuhkan Minat Baca Daya Ungkit Literasi

Dr.Anil Dawan *
6 April 2021, 15:17:26 WIB

JawaPos.com – Salah satu upaya untuk melakukan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) adalah dengan meningkatkan minat baca. Meningkatkan minat baca merupakan upaya strategis untuk meningkatkan kualitas peradaban suatu keluarga dan perguruan tinggi bahkan suatu bangsa.

Budaya membaca sangat terkait erat dengan tingkat kemajuan sebuah bangsa, misalnya: makin tinggi budaya baca pada sebuah negara, semakin maju pula negara tersebut. Dalam sebuah penelitian terungkap bahwa minat baca siswa sekolah dasar di Indonesia berada pada peringkat 26 (duapuluh enam) di antara 27 (duapuluh tujuh) negara yang diteliti.

Hasil penelitian ini menunjukan betapa rendahnya minat baca siswa SD (sekolah Dasar) di Indonesia juga sekaligus menunjukkan rendahnya perhatian berbagai pihak (pemerintah sekolah, dan orang tua) tentang pentingnya membaca. Sebagai pembanding ambilah contoh Jepang dan negara-negara maju lainnya adalah bukti nyata mengenai pentingnya budaya membaca sejak usia dini.

Indeks kegemaran membaca masyarakat Indonesa antara tahun 2016-2020 memang cenderung ada peningkatan, namun secara nasional masih pada kisaran angka 37,32 (yang artinya pada indeks minat membaca yang rendah). Indeks baca ini mencakup berbagai dimensi yaitu dimensi kecakapan, akses, alternative dan budaya (Kompas, 4 April 2021).

Provinsi dengan minat baca tertinggi adalah DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Kepulauan Riau dan seterusnya. Bisa dibayangkan jika hanya 15 (lima belas) provinsi yang ada diatas rata-rata indeks baca nasional yang tergolong rendah, berarti ada sekitar 19 provinsi yang indeks baca di bawah nasional.

Jika dicermati pada hakikatnya membaca dapat memberikan pengetahuan, memperluas wawasan bahkan menstimulasi kreatifitas serta mengasah kemampuan fokus dan berpikir kritis. Membaca dapat merangsang lahirnya inovasi-inovasi baru untuk berkreasi dan berprestasi. Kemajuan sebuah bangsa dapat diukur dari parameter tinggi atau rendah minat baca masyarakatnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ARM




Close Ads