alexametrics

Ditawari Kursi Menko, PAN Gabung Koalisi

Tinggal PKS-Demokrat di Luar Pemerintahan
27 Agustus 2021, 14:04:56 WIB

JawaPos.com – Kehadiran pimpinan PAN dalam pertemuan para ketua umum parpol pendukung pemerintah di Istana Negara pada Rabu lalu (25/8) memunculkan berbagai spekulasi.

PAN dikabarkan bergabung dalam koalisi pendukung Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan mendapat jatah kursi menteri.

Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid mengatakan, pihaknya tidak mempermasalahkan jika PAN bergabung dalam koalisi pendukung pemerintah. Menurut dia, mau tidak mau, PAN memang harus masuk. Sejak awal memang PAN lebih baik bergabung dengan koalisi parpol pemerintah. ”Bagi PKB, dari awal tidak pernah cari musuh. Bagi PKB, seribu teman itu terlalu sedikit, satu musuh terlalu banyak,” kata Gus Jazil.

Jika PAN benar-benar masuk koalisi, apakah akan ada reshuffle kabinet? Gus Jazil menyatakan, terlalu dini membicarakan bagi-bagi kursi. Pihaknya menunggu apa yang akan diambil atau ditindaklanjuti dari pertemuan tersebut. Menurut dia, pertemuan itu merupakan hal biasa yang lama tidak dilakukan parpol koalisi. Ketika bertemu, ternyata ada teman baru yang masuk.

Gus Jazil menjelaskan, di tengah kondisi pandemi, tidak pantas menilai bahwa pertemuan partai-partai politik itu hanya untuk membicarakan bagi-bagi kursi. Menurut dia, bukan itu yang menjadi kehendak rakyat saat ini. Dia menegaskan, pergantian menteri adalah hak prerogatif presiden. Tanpa ada pertemuan antar-ketua umum parpol, presiden bisa saja melakukan reshuffle kabinet. ”PKB selalu menghormati mana yang menjadi hak prerogatif presiden,” terangnya.

Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan, partainya menyambut baik pertemuan yang dilaksanakan secara periodik antara Presiden Jokowi dan para ketua umum parpol pendukung pemerintah. Menurut dia, seluruh Ketum parpol yang hadir merasakan pentingnya gotong royong komponen bangsa dalam menghadapi pandemi.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : lum/deb/far/c19/c7/oni/noe

Saksikan video menarik berikut ini: