alexametrics

Kontak Erat dengan PMI Terinfeksi B117, Warga Brebes Jalani Isoman

Mutasi Covid-19, Sinovac Tetap Efektif
5 Maret 2021, 13:39:21 WIB

JawaPos.com – Pelacakan terhadap kontak erat pekerja migran Indonesia (PMI) yang pernah terinfeksi mutasi virus Covid-19 dari Inggris (B117) harus diperluas. Sebab, A, satu di antara dua PMI tersebut, diketahui pulang ke Brebes setelah datang ke rumahnya di Karawang.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Brebes yang mendapat instruksi dari Dinkes Provinsi Jawa Tengah langsung bergerak melakukan penelusuran, pelacakan, dan tes terhadap semua kontak erat keluarga kemarin pagi (4/3). Satu keluarga di Desa Kubangjati, Kecamatan Ketanggungan, Brebes, itu kemudian diwajibkan menjalani isolasi mandiri secara ketat.

Kepala Dinkes Brebes dr Sartono kepada Radar Tegal mengungkapkan penelusuran dan pelacakan terhadap kontak erat tersebut. Fokusnya adalah melakukan rapid test antigen serta pengambilan sampel swab nasofaring dan orofaring terhadap A, 47, seorang ibu yang baru pulang dari Arab Saudi. Juga pengambilan serum 2,5 cc dari delapan orang. Hasilnya langsung dikirimkan ke Balitbangkes Jakarta.

”PMI asal Brebes yang pulang kampung itu sempat terkonfirmasi positif B117. Bahkan selesai menjalani karantina di wisma atlet. Karena dinyatakan negatif, dia pulang. Tapi, untuk mengantisipasi bahaya mutasi virus, dilakukanlah tracing,” paparnya.

Sartono menyatakan, hasil rapid test antigen delapan orang dinyatakan negatif. Namun, mengacu SOP penanganan sesuai dengan SE Kemenkes terbaru, mereka harus menjalani isolasi mandiri. Tujuannya, memastikan muncul atau tidaknya gejala klinis selama batas waktu inkubasi virus. Apalagi, hasil penelitian Inggris terhadap B117 menunjukkan bahwa tingkat keganasan mutasi virus korona itu lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis lainnya. ”Virus pasti akan selalu bermutasi. Tapi, manusia juga pasti beradaptasi. Jadi, kuncinya, jangan takut dan tetap waspada dengan menerapkan prokes,” tuturnya.

Sementara itu, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Imam Budi Santoso menyampaikan, teknis isolasi mandiri satu keluarga PMI yang bekerja di Arab Saudi tersebut dipastikan lebih ketat dengan pengawasan penuh Satgas Covid-19 tingkat desa. Sebab, sebelum hasil uji lab sampel serum, nasofaring, dan orofaring keluar, delapan orang itu harus dipastikan tidak kontak dengan orang lain.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : syf/ism/tau/lyn/wan/syn/c14/c7/fal

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads