alexametrics

Bisa kok Kurang Ajar, asal…

EKA KURNIAWAN*
10 Juli 2021, 13:39:30 WIB

Kenapa adik saya bikin kebun hidroponik di balkon rumahnya? Karena ia ingin berkebun, tapi tanah pekarangannya kurang luas.

KENAPA negara-negara maju mulai eksplorasi Mars hingga planet-planet lain? Bisa jadi mereka sudah berpikir jauh bahwa bumi suatu hari nanti kurang mendukung kehidupan manusia.

Ketika beberapa minggu lalu saya menerima rapor anak, saya melihat dua mata pelajaran yang nilainya kurang. Arti kurang di sini adalah ia lebih rendah dari rata-rata nilai pelajaran yang lain. Catatan nilai semacam itu bisa menjadi panduan, mata pelajaran apa yang harus diperbaiki.

Kita bisa memakai kata ”kurang” untuk menjawab banyak soal. Kenapa sepak bola sebuah negeri tidak juga berprestasi? Bisa karena pemain-pemainnya kurang latihan atau kurang nutrisi. Bisa juga karena kompetisi di negeri itu kurang konsisten. Atau pengurus federasinya kurang kompeten.

Kata tersebut juga menjadi penting ketika sesuatu sudah mulai berlebihan. Saat kita merasa berat badan mulai melebihi yang kita inginkan, kita akan mengurangi asupan makanan tertentu. Ketika seseorang berlaku seenaknya hingga merampas hak-hak atau menyakiti orang lain, kita bisa berteriak, ”Kurang ajar!”

Editor : Ilham Safutra

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads