Jember Fashion Carnaval 2022 Kembali ke Jalan

Rayakan Dua Dekade dengan The Legacy
7 Agustus 2022, 11:48:44 WIB

Jember Fashion Carnaval kembali turun ke jalan setelah dua tahun digelar secara hybrid. Event itu berlangsung dua hari mulai Sabtu (6/8) di Central Park Jember, jalan protokol yang ”disulap” menjadi runway penuh oleh penonton. 3rd Runner-up Miss Supranational 2022 Adinda Cresheilla dan Puteri Indonesia 2022 Laksmi Shari De Neefe Suardana bakal hadir sebagai bintang tamu spesial.

MERAYAKAN dua dekade Jember Fashion Carnaval (JFC), perhelatan tahun ini mengusung tema The Legacy. Menampilkan defile-defile terbaik sejak JFC ke-11 hingga ke-19. Misinya, meneruskan semangat dan pandangan sang pendiri, (alm) Dynand Fariz. ”Legacy berarti warisan. Kami ingin menjaga semangat dari Mas Dynand. Sistem dari beliau,” ujar Presiden JFC 2022 Budi Setiawan.

Defile atau subtema yang ditampilkan dalam JFC 2022 meliputi defile Madurese (budaya Madura), Betawi, Mahabharata, Majapahit, Garuda, Sriwijaya, Kujang (senjata tradisional Jawa Barat), Aztec, Sasando (alat musik tradisional NTT), dan Poseidon. ”Sangat antusias bisa berpartisipasi dalam runway JFC 2022 setelah dua tahun tidak tampil karena pandemi,” ungkap Jasmine Sylphia Valentine, peraga defile Sasando.

JFC 2022 juga mengeksplorasi ciri khas Kabupaten Jember. Salah satunya musik hadrah. Daya tarik JFC 2022 tak berhenti sampai di situ. Acara yang didapuk sebagai karnaval terbaik di Asia itu menghadirkan special guest star yang menambah euforia. Ada Sarah Tumiwa (pemenang Indonesia’s Next Top Model), professional make-up artist Bubah Alfian, Adinda Cresheilla (Puteri Indonesia Pariwisata 2022, 3rd Runner-up Miss Supranational 2022), hingga Laksmi Shari De Neefe Suardana (Puteri Indonesia 2022).

Salah satu highlight dalam opening day kemarin (6/8) adalah komunitas anak bangsa pada sesi Wonderful Archipelago Indonesia (WACI) yang menekankan keberagaman Nusantara. Angin membuat kostum mereka berkibar. Di salah satu sayap busana tertulis kata sukacita, damai, dan sejahtera.

Performa menarik juga ditampilkan sejumlah Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Asosiasi Karnaval Indonesia (Akari). Contohnya Nganjuk yang mengusung ikon kuliner nasi pecel. Mereka juga mentransformasi stupa Candi Borobudur dalam dress panjang.

Perwakilan Malang tak mau kalah. Pantai selatan dengan berbagai biota laut menjadi ide kostum. Terumbu karang, penyu, hingga gurita tersalurkan pada ornamen busana. Kebanyakan busana mereka berwarna laut seperti biru hingga hijau. Yang menekankan keindahan perairan di Malang.

Datang dari bumi Anoa, runner-up 5 Puteri Indonesia 2022 Arina Rezkyana hadir di tengah parade. Kostum mereka mewakili sejumlah etnis dan kearifan lokal Sulawesi. Mulai tombak, Benteng Keraton, hingga kegagahan Sultan Buton. ”Salam dari Sulawesi Tenggara,” ucap Arina menyapa penonton.

Dalam JFC 2022, beberapa komponen busana yang dipakai terbuat dari bahan daur ulang seperti plastik. Para peraga busana tidak hanya catwalk di panggung, tetapi juga berjalan ke rute yang telah ditentukan.

Penampilan sembilan defile terbaik tiap tahun muncul di pengujung acara WACI. Salah satu defile bertema Poseidon merupakan spoiler tema JFC tahun depan. Masyarakat juga bisa menyaksikan rangkaian JFC 2022 yang ditutup nanti malam dengan Grand Carnival melalui live streaming.

Ragam Acara JFC 2022

SETELAH dua tahun digelar hybrid (indoor, online, serta offline terbatas), kali ini JFC kembali menghelat parade di jalan. Menampilkan sederet ragam acara:

Wonderful Artchipelago Carnival Indonesia (WACI):Karnaval yang diinisiasi Kemenparekraf berkolaborasi dengan JFC. Diikuti beberapa perwakilan kota/kabupaten, karnaval itu menyuguhkan ragam budaya Indonesia.

Pets Carnival: JFC bekerja sama dengan beberapa komunitas hewan, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), dan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) menampilkan karnaval hewan pertama di dunia dengan beragam jenis satwa. Mulai anjing, ayam, reptil, hingga kuda.

Artwear Carnival: Menampilkan peragaan busana tematik dari para desainer, komunitas, dan brand yang dibalut dengan konsep karnaval.

World Kids Carnival (WKC): Peragaan busana oleh anak-anak yang dibawakan dengan koreografi warna-warni serta kostum unik.

Grand Carnival: Puncak acara Minggu (7/8) malam berupa karnaval spektakuler dengan menampilkan parade kostum terbaik hasil kreativitas lokal dengan koreografi yang memikat.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : dho/kom/lai/c19/nor

Saksikan video menarik berikut ini: