alexametrics

4 Manfaat Mendongeng Bagi Anak yang Perlu Diketahui Sang Ibu

2 September 2021, 19:44:51 WIB

JawaPos.com – Sejak kecil, ibu adalah orang yang paling dekat dengan anaknya. Cara membentuk kedekatan bisa berbagai macam, salah satunya dengan mendongeng. Bisa bercerita dengan cerita yang sudah ada, atau para ibu bisa mendongeng dengan cerita edukatif bagi anak.

Menurut para pakar, mendongeng memiliki banyak manfaat bagi anak. Dalam edukasi bersama Nestlé DANCOW dengan Dongeng Aku dan Kau ‘Indonesia Mendongeng’, orang tua diminta mulai memperkenalkan cerita rakyat Indonesia yang kaya dengan nilai budaya Indonesia untuk diperkenalkan kepada Si Buah Hati sejak usia dini.

“Sebagai ahli tumbuh kembang Toddler dan Prasekolah, kami percaya bahwa stimulasi sejak dini sangatlah penting, melalui mendongeng,” kata Brand Manager DANCOW Nutritods Lydia Sahertian dalam webinar, Kamis (2/9).

Misalnya ada dongeng asli Indonedia seperti Kancil dan Kerbau, Pangeran Palasara dan Kluntung Waluh. Melalui 15 cerita dongeng asli Indonesia para ibu diajak untuk lebih aktif lagi membacakan dongeng.

“Untuk mempererat hubungan emosi, memberikan stimulasi, serta menjadikan dongeng Indonesia sebagai tradisi tak ternilai bagi bunda ayah dan anak,” tambahnya.

Psikolog Klinis Ratih Ibrahim menjelaskan mendongeng adalah kegiatan stimulasi tepat dan asik untuk optimalkan seluruh dimensi tumbuh kembang anak. Membacakan dongeng rakyat Indonesia juga akan membantu anak mengenal dan mengapresiasi budaya kita.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads