alexametrics

Ingin Serius Tekuni Dunia Kuliner? Simak Resep Mudah ala Chef

2 April 2021, 16:17:55 WIB

JawaPos.com – Indonesia sangat kaya dengan budaya dan keberagaman cita rasa kuliner. Bahkan sejumlah kuliner khas nusantara sudah dikenal dan tersebar ke berbagai negara. Tak heran jika karier di industri kuliner kini semakin populer dan banyak diminati oleh anak muda. Dunia masak-memasak juga menjadi lebih glamor dan semakin cepat berkembang.

Bagi anak muda yang tertarik berbisnis kuliner, maka tak ada salahnya menyimak tips Chef de Cuisine Paulaner Brauhaus, Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Chef William W. Wijaya. Menurutnya, ada beberapa hal yang harus dimiliki sebagai bekal menjadi pelaku di industri ini.

“Yang pertama, mereka harus memiliki passion di dunia kuliner. Kedua, harus memiliki positive attitude. Ketiga, harus bisa bekerja dalam situasi apapun,” ujar Chef William secara virtual baru-baru ini.

Di samping itu, kalau memang ingin sukses di dunia kuliner, juga ada hal lain yang harus dimiliki, yakni visioner. Menurutnya, pikiran harus satu langkah lebih maju, dalam pengertian memiliki pola pikir dan kemampuan di atas posisi yang sebenarnya.

“Misalnya seorang karyawan biasa harus menempatkan diri sebagai seorang assistant supervisor, demikian juga seorang assistant supervisor harus berpikiran dan punya kemampuan seperti seorang supervisor, terus begitu. Jadi, bisa memacu dirinya lebih, dengan begitu bisa berkembang lebih cepat di dunia kuliner,” lanjutnya.

Selanjutnya, kata Chef William, seorang calon chef juga harus memiliki target yang jelas, baik target jangka pendek maupun jangka panjang. Supaya mereka lebih giat belajar dan bekerja. Misalnya dalam waktu satu tahun harus mendapatkan promosi, atau dalam waktu lima tahun pasang target harus menjadi seorang manajer outlet.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Marieska Harya Virdhani




Close Ads