alexametrics

Hati-hati 6 Makanan Ini Berpotensi Memicu Kanker

25 Maret 2019, 15:20:20 WIB

JawaPos.com – Kesehatan tubuh memang perlu dijaga dengan menjalani pola hidup sehat seperti berolahraga dan mengontrol makanan. Yup, bicara soal makanan, asupan yang masuk ke dalam tubuh ternyata tak selamanya baik untuk tubuh. Bahkan ada beberaoa diantaranya yang bisa memicu peyakit berbahaya seperti kanker jika dimakan berlebihan.

Dilansir dari Organic Welcome, Senin (25/3), setidaknya ada enam makanan yang dianggap bisa memicu kanker. Keenam makanan ini memiliki kandungan atau senyawa organik yang bahaya bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan.

1. Soda

penyakit kanker, pemicu kanker, makanan penyebab kanker,
Makanan keripik kentang yang diolah dengan pemanasan minyak bersuhu tinggi bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh. (Organic Welcome)

Soda merupakan salah satu minuman yang tidak memiliki nilai gizi. Tapi sangat tinggi akan gula. Lebih buruk lagi, jenis gula yang biasanya ditemukan dalam soda adalah sirup jagung fruktosa tinggi. Ini adalah bentuk gula yang sangat pekat dan paling sulit diproses oleh tubuh.

Oleh sebab itu, minuman ini bisa membuat hati tegang dan menyebabkan risiko kanker yang lebih tinggi. Belum lagi ada tambahan pewarna buatan
yang mengandung bahan kimia karsinogenik.

2. Makanan Dari Tepung Putih

Makanan dari tepung putih sangat mudah ditemukan di kehidupan sehari-hari seperti pasta dan roti hingga kue dan brownies. Tepung putih halus telah menghilangkan setiap nilai kesehatan dari biji-bijian asli melalui pengolahan. Terlebih menggunakan gas klor untuk membuat produk menjadi bagus dan putih.

Makan terbuat dari tepung putih halus bisa menimbulkan risiko kanker Anda karena mengandung gula. Beralihlah ke roti gandum utuh dan nasi merah atau quinoa.

3. Keripik Kentang

Keripik kentang merupakan cemilan favorit yang sangat lezat tetapi mengandung banyak lemak trans, garam, dan pengawet. Keripik kentang juga mengandung karsinogen yang dikenal yang disebut akrilamida. Ini ditemukan di semua makanan yang dipanaskan pada suhu tinggi termasuk keripik.

4. Margarin

Margarin meningkatkan risiko Anda terkena kanker karena proses pembuatannya dengan pemanasan minyak yang cukup tinggi sehingga menghasilkan bahan kimia berbahaya lycidol dan 3-MCPDare. Ketika bahan kimia ini dicerna, mereka melepaskan racun berbahaya ke dalam tubuh.

5. Daging Merah

Daging merah adalah sumber protein yang baik, tetapi juga mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi. Porsi harus dibatasi dan ketika Anda memakannya dan berhati-hatilah dengan proses pengolahannya.

Daging panggang mengandung akrilamida, yakni senyawa organik yang menyebabkan kanker dengan panas tinggi. Dengan beberapa laporan, daging hangus meningkatkan risiko kanker pankreas yang mematikan hingga 60 persen.

6. Popcorn dengan Microwave

Popcorn dengan microwave sangat mudah dibuat, tetapi sayangnya mereka sangat beracun. Popcorn dilapisi dengan bahan kimia yang disebut PFOA yang diketahui menyebabkan kanker. Bumbu mentega pada beberapa varietas juga cukup berbahaya. Ini mengandung bahan kimia yang disebut diacetyl.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Inriyani Sembiring

Copy Editor :

Hati-hati 6 Makanan Ini Berpotensi Memicu Kanker