alexametrics

Bahas Kerja Sama, Gubernur Sulsel Temui Kabinet Jepang

7 Maret 2019, 09:37:29 WIB

JawaPos.com – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah terbang ke Jepang untuk menindaklanjuti kerja sama dalam berbagai bidang. Di Negeri Sakura, Nurdin bertemu dengan Gubernur Prefekture Ehime Tokihiro Nakamura dan Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga. Pertemuan delegasi dua negara berlangsung di Kantor Kabinet Jepang di Chiyoda-ku, Tokyo, Rabu (6/3).

“Pemerintah Jepang mendukung proyek kereta api di Sulsel, pengembangan jalan tol, penerbangan langsung Makassar-Jepang, pengembalian status Kantor Perwakilan Jepang menjadi Konjen di Makassar, serta pengembangan UKM,” kata Kepala Litbang Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel Iqbal Suhaeb dalam keterangan resmi, Kamis (7/3).

Iqbal menerangkan, pembahasan tersebut merupakan bentuk keseriusan Negeri Sakura untuk membantu Sulsel dalam melaksanakan program jangka panjang. Khususnya pengembangan sektor infrastruktur demi percepatan pertumbuhan perekonimian.

“Dari pembahasan yang ada, mereka akan membantu pengembangan UKM. Terutama di sekitar rest area yang dibangun Pemprov,” terang Iqba yang ikut mendampingi Gubernur Sulsel.

Ini merupakan kunjungan kedua Nurdin Abdullah ke Jepang. Setelah sebelumnya, Pemerintah Ehime melakukan kunjungan balasan ke Sulsel pada pertengahan Januari lalu. Saat itu, disepakati kerja sama berbagai bidang. Termasuk perikanan, transfer pengetahuan, serta teknologi antara Jepang dan Indonesia.

Beberapa waktu lalu, Nurdin Abdullah menjelaskan bahwa penerbangan ke Jepang dari Makassar akan dibuka pada Juni 2019. “Maskapai Garuda sudah presentasi. Insya Allah awal Juni, penerbangan tiga kali seminggu Makassar-Osaka. Demikian juga Osaka-Makassar. Mudah-mudahan turis semakin banyak,” harap Nurdin.

Senin (5/3) lalau, Ehime University Jepang bersama Pemprov Sulsel dan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar juga menyepakati perpanjangan kerja sama di bidang pendidikan. Nurdin berharap kerja sama dapat terealisasi sesuai dengan kesepakatan.

Terlaksanaanya agenda ini nanti diprediksi semakin membuka peluang investor untuk menanamkan modal di Sulsel. Hal tersebut selaras dengan tujuan program pengembangan daerah oleh Presiden Jokowi.

“Direct call sudah, sekarang butuh direct flight. Bayangkan, kami mau ke luar negeri harus ke Surabaya, Jakarta dan Malaysia. Bali mau ke Jepang lewat atas kami, menumpang lewat. Jadi ini Timur, Sulsel, jujur mimpi kami bagaimana dapat perhatian khusus. Sudah kelamaan kami memimpikan,” pungkas Nurdin.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Sahrul Ramadan

Copy Editor :

Bahas Kerja Sama, Gubernur Sulsel Temui Kabinet Jepang